Hagia Sophia

28 November 2023

Beberapa Obat Ambeien yang Tersedia di Apotek

Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Untuk menangani ambeien alias wasir atau hemoroid, ada berbagai obat yang dapat digunakan. Obat ambeien ada yang bisa dibeli di apotek, baik berupa obat minum maupun oles, dan ada pula cara-cara penanganan di rumah.

Namun sebelum membeli obat, kenali dulu apakah sakit yang Anda rasakan apakah termasuk ambeien. Disebut ambeien ketika terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada rektum bagian bawah (ambeien internal), atau terjadi di bawah kulit yang mengelilingi anus (ambeien eksternal).

Gejalanya, seperti dikutip dari situs Mayo Clinic, antara lain pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar (BAB), muncul tonjolan yang keluar dari anus, rasa gatal atau iritasi di sekitar anus, terasa sakit atau tidak nyaman pada anus, atau bisa juga terjadi pembengkakan di sekitar anus.

Obat Ambeien di Apotek

Penanganan ambeien tergantung pada jenis wasir dan tingkat keparahannya. Ada beberapa obat ambeien yang bisa Anda gunakan, baik itu obat bebas di apotek maupun obat resep dokter.

Produk tersebut biasanya berbentuk pereda nyeri topikal seperti krim, gel, atau losion. Namun Anda juga mungkin diresepkan obat pereda nyeri yang diminum. Dua bahan yang biasa dipakai untuk obat ambeien adalah hidrokortison dan pramoksin.

Dilansir dari situs LifeMD, berikut ini beberapa obat ambeien yang bisa Anda gunakan:

1. Steroid
Yang pertama adalah krim yang mengandung topikal steroid, seperti hidrokortison yang dikenal bisa membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi.

2. Pelindung Kulit
Pelindung kulit biasanya diformulasikan dengan bahan minyak mineral. Ini dapat membantu melindungi kulit dari iritasi lebih parah, serta mencegah kekeringan dan membantu menenangkan area yang terkena. Anda bisa menggunakan petroleum jelly, yang juga dikenal sebagai Vaseline.

3. Dekongestan
Produk dekongestan yang juga dikenal sebagai fenilefrin rektal juga bisa menjadi pilihan obat ambeien. Cara kerjanya adalah mengecilkan pembuluh darah untuk menyembuhkan ambeien. Ini dapat membantu meringankan rasa terbakar dan bengkak di sekitar anus.

4. Astringen
Produk astringen yang populer antara lain witch hazel dapat membantu melindungi dan menenangkan area yang teriritasi di sekitar rektum. Ini juga meringankan rasa tidak nyaman dan rasa terbakar.

5. Anestesi Lokal
Beberapa obat ambeien mengandung anestesi lokal atau yang menciptakan efek mati rasa sehingga membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri. Produk-produk ini biasanya digunakan untuk ambeien luar dan tidak boleh digunakan di dalam area anus.

Obat bius lokal yang umum ini meliputi Pramoxine (Proctofoam HC), Lidokain (Ana-Lex), dan Benzokain

6. Pelunak Feses
Dikutip dari Healthline, gunakan pelunak feses untuk mengurangi sembelit sehingga mencegah ambeien lebih parah. Namun jangan gunakan obat pencahar yang bisa membuat diare dan memperparah wasir.

7. Minum Pereda Nyeri
Dilansir dari situs Mayo Clinic, pada saat tertentu Anda bisa minum obat pereda nyeri yang diminum, misalnya yang mengandung asetaminofen, aspirin, atau ibuprofen.

Penanganan Ambeien di Rumah

Selain obat oles dan minum, Anda bisa juga melakukan penanganan ambeien di rumah dengan tindakan sebagai berikut:

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat atau mandi sitz adalah terapi untuk mengurangi pembengkakan di area yang sakit dan mengendurkan otot sfingter yang mengepal. Ini lebih baik dilakukan setelah buang air besar.

Caranya adalah dengan duduk di dalam air hangat (bukan panas) sekitar 3 inci selama 15 menit atau lebih. Lakukan beberapa kali sehari.

2. Kompres Dingin
Lakukan kompres dingin pada bagian yang nyeri selama beberapa menit. Ini bermanfaat untuk mematikan rasa dan mengurangi pembengkakan.

3. Tisu yang Menenangkan
Setelah buang air besar, bersihkan diri Anda dengan lembut menggunakan tisu yang menenangkan, misalnya tisu bayi dan kain basah.

4. Makanan Serat
Untuk mencegah wasir lebih parah, konsumsi makanan berserat tinggi dan sedikit makanan olahan agar BAB semakin lancar dan tidak sembelit. Makanan ini seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Minum Air yang Cukup
Minumlah 7-8 gelas air setiap hari, atau lebih banyak lagi jika udara panas. Air juga membantu agar BAB lancar dan tidak sembelit.

6. Kenakan Pakaian Longgar
Terakhir, gunakan pakaian longgar dan berbahan yang dapat menyerap keringat seperti katun dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Obat Ambeien di Apotek dan Penanganan di Rumah"