Hagia Sophia

28 November 2023

Kemenkes Akan Sebar Nyamuk Wolbachia Secara Nasional untuk Cegah DBD

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/PongMoji

Kementerian Kesehatan RI telah melakukan penelitian untuk menekan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan menyebar nyamuk wolbachia. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan selain wolbachia, pihaknya juga akan memberikan vaksin.

Dengan begitu, kedua inovasi baru tersebut dimasukkan ke dalam strategi nasional untuk penanggulangan DBD 2021-2024. Ini ditempatkan bersama dengan pengendalian nyamuk, sosialisasi, dan penerapan 3M.

"Setelah melihat hasilnya bagus, penelitian anak bangsa dari Universitas Gadjah Mada ini, maka menteri kesehatan melakukan penelitian di 5 kota plus 1 di Bali. Tapi, hanya lima kota yang langsung ditangani oleh Kemenkes," jelas dr Maxi dalam media briefing, Jumat (24/11/2023).

Pilot project ini dilakukan di lima kota, yakni Jakarta Barat (DKI Jakarta), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Bontang (Kalimantan Timur), dan Kupang (Nusa Tenggara Timur). Namun sejauh ini, penyebaran nyamuk wolbachia baru dilakukan di Bontang, Kupang dan Semarang.

"Dari lima ini, yang tiga sudah proses pelepasan nyamuk. Tinggal Bandung dan Jakarta Barat yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk tahap-tahapannya sudah dilakukan." ungkapnya.

Setelah program dilakukan, dr Maxi mengatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi di lapangan. Mereka juga mengeluarkan buku pedoman terkait penanganan DBD dengan metode nyamuk wolbachia.

Jika program ini berjalan dengan baik, akan ada kemungkinan nyamuk wolbachia akan dilakukan secara nasional.

"Tentu program ini akan sangat baik, kami akan melanjutkan program. Mudah-mudahan 5 kota ini akan kami evaluasi. Jika berhasil, tentu kita akan lakukan secara nasional," tutur dr Maxi.

"Program ini kami sangat yakin bahwa penanggulangan DBD yang sudah lama di negara kita, negara tropis harus ada cara lain secara inovasi yang harus kita tempuh seperti program nyamuk ber-wolbachia ditambah dengan program vaksinasi," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Targetkan Sebar Nyamuk Wolbachia untuk Berantas DBD Secara Nasional"