Hagia Sophia

04 December 2023

Infeksi Mycoplasma Pneumoniae Jadi Pemicu Pneumonia 'Misterius' di China?

Ilustrasi penyakit pernapasan pneumonia 'misterius' merebak di China, disebut-sebut gegara bakteri Mycoplasma pneumoniae. Foto: AP Photo

Penyakit pernapasan pneumonia 'misterius' kini merebak di China dan banyak menyerang anak-anak. Disebut-sebut, penyakit ini dipicu oleh infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae. Dokter paru menyebut, bakteri ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia.

"Mycoplasma pneumonia ini sudah lama, jadi bukan sesuatu yang baru. Sudah lama ditemukan, tapi karena tidak rutin diperiksa dan bukan suatu pemeriksaan yang rutin, maka ketemunya biasanya kalau kita melakukan penelitian," ujar dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/12/2023).

Menurutnya, sebenarnya pada orang dewasa, infeksi bakteri ini memicu gejala yang relatif ringan. Karena itulah di Indonesia, infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae tidak dipandang sesuatu yang gawat selama ini. Walaupun memang, orang dengan komorbid berisiko mengalami gejala lebih berat jika terinfeksi bakteri ini.

"Gejalanya untuk orang dewasa bisa batuk, kalau kondisi tertentu bisa buruk batuknya. Bahkan bisa bertahan beberapa bulan. Kemudian ada sakit tenggorok, lemas, demam, sakit kepala, dan juga pada kasus-kasus yang ada komplikasi walaupun ini jarang akan ditemukan efusi pleura atau pada orang-orang PPOK ini infeksi menimbulkan eksaserbasi," jelas dr Erlina.

Gejala pada Anak

Lain halnya pada anak. Menurut dr Erlina, anak yang mengalami riwayat alergi atau asma berisiko mengalami penyempitan saluran napas jika terinfeksi Mycoplasma pneumoniae. Walhasil, ada risiko muncul gejala sesak napas.

"Gejala (infeksi Mycoplasma pneumoniae) pada anak agak berbeda. Lebih ke bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorok, matanya berair. Kadang-kadang ada wheezing," jelas dr Erlina.

"Mungkin juga karena batuknya berlebihan ada muntah atau diare. Jadi sepertinya lebih ringan pada anak-anak. Jadi makanya saya juga ada pertanyaan kenapa di China Utara sampai dilakukan penutupan sekolah? Mungkin ada penyebab lainnya," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gejala Infeksi Mycoplasma Pneumoniae, Disebut Picu Pneumonia 'Misterius' di China"