Hagia Sophia

26 January 2024

Akibat Vape, Pria Ini Butuh Transplantasi Paru untuk Tetap Hidup

Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Tidak sedikit yang menganggap rokok elektrik atau vape merupakan pilihan lebih aman daripada rokok konvensional. Nyatanya, vape juga bisa memicu masalah paru-paru seperti halnya rokok.

Hal tersebut juga dialami pria asal North Dakota (22) yang membutuhkan transplantasi paru-paru karena organnya itu tak lagi bisa berfungsi karena kebiasaan nge-vape.

Jackson Allard didiagnosis oleh dokter mengidap parainfluenza, virus yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan, cedera yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh penumpukan cairan di paru-paru. Ketika menjalani X-ray, paru-parunya sudah sangat putih.

"Semuanya berwarna putih. Artinya seluruh paru-parunya penuh cairan," kata Doreen Hurlburt, nenek Allard kepada NBC News.

Allard disebut sudah memakai rokok elektrik sejak umur 17 tahun dan tak pernah menyangka efeknya sangat parah. Ibu Allard, Jaime Foertsch, mengatakan putranya dipasangi alat pendukung kehidupan yang disebut oksigenasi membran ekstrakorporeal, atau ECMO, kemudian diterbangkan ke M Health Fairview di Minnesota pada akhir Oktober 2023.

Foertsch mengatakan Allard adalah pasien terlama yang pernah dirawat oleh M Health Fairview dengan mesin ECMO. Namun Allard tak bisa terus menerus menggunakan alat itu sehingga dia membutuhkan transplantasi paru-paru sesegera mungkin.

Saat nyawanya sudah terancam, pada akhir Desember 2023, dokter berhasil mendapatkan donor paru-paru untuk Allard. Pada tanggal 5 Januari, dia tidak lagi membutuhkan alat bantu hidup.

Allard masih menggunakan ventilator di ICU, kata ibunya, tapi dia bisa naik dan turun dari tempat tidur dengan bantuan.

Transplantasi paru-paru relatif jarang terjadi, dan bahkan lebih jarang pada orang yang berusia di bawah 50 tahun. Dari 2.569 transplantasi paru-paru yang dilakukan di AS pada tahun 2021, hanya 440 yang dilakukan pada penerima berusia 18 hingga 49 tahun.

Sebagian besar cedera paru-paru terkait vaping tidak memerlukan transplantasi, tetapi pasien biasanya memerlukan beberapa jenis bantuan pernapasan seperti oksigen tambahan atau ventilasi mekanis.

Seorang anak laki-laki berusia 17 tahun di Michigan yang menerima transplantasi pada tahun 2019 diyakini sebagai kasus pertama. Tahun lalu, seorang pria berusia 34 tahun di Missouri juga menerima transplantasi paru-paru ganda setelah mengalami infeksi paru-paru yang mengancam jiwa dan kebal terhadap antibiotik. Pria tersebut memiliki riwayat merokok dan juga vaping selama sembilan tahun.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Nge-vape, Pria 22 Tahun Butuh Donor Paru-paru Agar Bisa Tetap Hidup"