Hagia Sophia

26 January 2024

Berkat Smartwatch Dokter Inggris Ini Berhasil Selamatkan Wanita di Pesawat

Foto: Getty Images/Jetlinerimages

Seorang dokter di Inggris berhasil menyelamatkan nyawa seorang wanita yang mengalami kondisi darurat medis di pesawat. Nyawa wanita itu bisa tertolong salah satunya berkat smartwatch.

Diberitakan BBC, dokter dari National Health Security Inggris (NHS) Dr Rashid Riaz (43), bepergian dengan maskapai Ryanair dari Birmingham ke Verona untuk liburan ski. Selama perjalanan pada tanggal 9 Januari, wanita berusia 70-an tahun mengalami sesak napas, dan awak kabin kemudian menanyakan apakah ada petugas kesehatan di dalam pesawat.

Dr Riaz kemudian melangkah maju untuk membantu, dan, dengan meminjam smartwatch dari pramugari, dia dapat mengukur kadar oksigen pasien. Suami dari wanita tersebut mengatakan istrinya mengidap penyakit jantung.

Setelah mendapatkan jam tangan pintar tersebut dari seorang anggota pramugari, Dr Riaz kemudian meminta tabung oksigen di dalam pesawat kepada staf yang lain. Riaz menggunakan aplikasi Blood Oxygen pada jam tangan tersebut, yang dimaksudkan untuk 'tujuan kebugaran dan kesehatan secara umum,'.

Hal ini memungkinkan dia untuk memantau dan menjaga tingkat kejenuhan wanita tersebut hingga mereka mendarat dengan selamat di Italia sekitar satu jam kemudian. Pasien tersebut, katanya, pulih dengan cepat dan dia diserahkan kepada staf medis, lalu turun dari pesawat dengan bantuan mereka.

"Saya menggunakan banyak pembelajaran saya sendiri selama penerbangan ini tentang cara menggunakan gadget. Ini adalah pelajaran bagaimana kita dapat meningkatkan perjalanan dalam penerbangan [dalam] keadaan darurat seperti ini [melalui] gadget dasar yang saat ini mudah didapat," beber dia.

Dr Riaz, yang bekerja di Rumah Sakit Hereford County, memuji staf Ryanair yang menangani keadaan darurat tersebut. Namun dia meminta semua maskapai penerbangan untuk mempertimbangkan memiliki peralatan dokter darurat sebagai standar.

Idealnya mencakup alat untuk melakukan pengukuran dasar, pengukur diabetes dan tekanan darah, serta monitor saturasi oksigen, jelas dokter.

"Hal-hal ini bisa menyelamatkan nyawa seseorang dalam situasi darurat," tambahnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aksi Dokter Selamatkan Pasien Sekarat di Pesawat Berkat Smartwatch"