Hagia Sophia

28 January 2024

Stok Darah Tipe O di Singapura Dilaporkan Kritis

golongan darah (ilustrasi)

Stok darah tipe O di Singapura dilaporkan kritis. Negara tersebut disebut hanya memiliki persediaan darah kurang dari enam hari, berdasarkan pernyataan Palang Merah Singapura (SRC) dan Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura (HSA), Kamis (25/1/2024).

Mereka mendesak para donor dengan golongan darah O untuk mendatangi palang merah, membantu mengatasi krisis jelang liburan Tahun Baru Imlek di 10 dan 11 Februari.

"Stok darah golongan darah O telah turun di bawah enam hari dan saat ini berada pada tingkat kritis karena tingginya penggunaan golongan darah ini dan jumlah donor darah yang lebih rendah dari biasanya sejak awal tahun 2024," kata SRC dan HSA dalam rilis media bersama.

"Sebagai golongan darah universal, golongan darah O diperlukan dalam keadaan darurat ketika golongan darah pasien tidak diketahui. Selain itu, hampir separuh pasien di Singapura memiliki golongan darah O dan hanya dapat menerima golongan darah O."

SRC dan HSA mengatakan jika stok darah golongan O semakin menurun, operasi elektif harus ditunda dan transfusi yang bisa menyelamatkan nyawa bisa terganggu.

Mereka menambahkan minimal memerlukan persediaan selama sembilan hari untuk merespons keadaan darurat.

"Persediaan selama 12 hari akan dianggap sehat," kata SRC.

Satu-satunya cara Singapura mengisi kembali stok darahnya adalah melalui donasi.

Menurut SRC dan HSA, pengumpulan darah bisa turun sebanyak 20 persen selama musim perayaan seperti periode Tahun Baru Imlek.

Pada Juni tahun lalu, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan bahwa penggunaan darah telah meningkat pada bulan-bulan sebelumnya, karena rumah sakit mulai melakukan operasi elektif dan perawatan yang ditunda akibat pandemi COVID-19.

"Sangat penting bagi kita untuk mencegah penipisan lebih lanjut stok darah golongan O. Untuk memastikan kita dapat memenuhi kebutuhan transfusi pasien," kata SRC dan HSA.

Mereka mendesak donor yang memenuhi syarat berusia antara 16 dan 60 tahun dengan darah O+ dan O- untuk membantu mengatasi ini. Donor harus memiliki berat minimal 45kg.

"Para donor didorong untuk menyumbang sebelum melakukan perjalanan karena bepergian ke negara atau wilayah tertentu di beberapa negara dengan risiko infeksi yang ditularkan melalui serangga dapat membuat mereka tidak memenuhi syarat untuk mendonorkan darah untuk jangka waktu tertentu," kata SRC dan HSA.

"Setiap donasi sangat penting untuk memastikan bahwa kami dapat menjaga persediaan minimal sembilan hari untuk menanggapi keadaan darurat sipil atau medis di Singapura."



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Stok Darah Goldar O di Singapura Kritis, Ini yang Terjadi"