Hagia Sophia

28 January 2024

Ini Obat Tradisional untuk Asam Urat dan Kolesterol

Ilustrasi obat tradisional. (Foto: Getty Images/iStockphoto/microgen

Penyakit asam urat dan kolesterol tinggi merupakan dua kondisi yang kerap dialami oleh banyak orang di Indonesia. Selain bisa diatasi dengan obat-obatan modern, ada juga obat tradisional untuk asam urat dan kolesterol yang bisa membantu meredakan dan mengatasi gejala.

Asam urat (uric acid) adalah senyawa yang dihasilkan tubuh ketika memproses purin. Jika kadarnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan penumpukan dan memicu peradangan sendi yang disebut juga dengan gout atau penyakit asam urat.

Sementara itu, kolesterol tinggi adalah kondisi ketika jumlah total kolesterol dan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) melebihi batas normal. Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang dapat memicu terjadinya penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah. Kolesterol LDL adalah kebalikan dari kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang justru membantu membersihkan pembuluh darah dari lemak dan mencegah risiko penumpukan.

Gout dan kolesterol merupakan dua kondisi yang saling berkaitan. Sejumlah penelitian menyebutkan asam urat tinggi dapat meningkatkan jumlah kolesterol LDL. Karenanya, orang yang mengidap gout juga rentan mengalami kolesterol tinggi.

Obat Tradisional untuk Asam Urat dan Kolesterol

Asam urat dan kolesterol tinggi dapat diatasi dengan beragam cara. Salah satunya dengan mengonsumsi obat tradisional untuk asam urat dan kolesterol. Kebanyakan dari obat tradisional tersebut juga dapat didapat dengan mudah sehari-hari.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut obat tradisional untuk asam urat dan kolesterol yang bisa dikonsumsi.

1. Bawang putih
Bawang putih tak hanya menjadi bumbu masakan, tapi juga obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit, termasuk asam urat dan kolesterol.

Bawang putih mengandung mineral, asam amino, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Sebuah studi mengungkapkan mengonsumsi satu siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10 persen.

Tak hanya itu, bawang putih juga dapat membantu menghilangkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Kandungan antioksidannya juga bisa mengatasi peradangan sehingga meredakan gejala gout.

2. Jahe
Jahe merupakan bahan alami yang turun temurun digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Jahe mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Kandungan antioksidan itulah yang membuat jahe dapat dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi asam urat dan meredakan gejala gout.

Di sisi lain, sebuah studi juga menyebutkan jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh.

3. Kunyit
Sama seperti bawang putih dan jahe, kunyit mengandung antioksidan tinggi yang bisa meredakan peradangan, termasuk yang disebabkan oleh asam urat.

Kunyit juga mengandung zat curcumin yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh. Curcumin juga dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol, yakni proses menempelnya kolesterol pada pembuluh darah sehingga membentuk plak.

4. Timun
Timun mengandung zat bernama sterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu, kandungan kalium (potasium) dan fosforus yang ada pada timun dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah.

5. Buah ceri
Ceri merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan zat antiperadangan. Sehingga, buah ini cocok dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi kolesterol.

Tak hanya itu, buah ceri juga bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan mengonsumsi setidaknya 10 buah ceri setiap hari dapat mengurangi risiko gout hingga 35 persen.

6. Lemon
Lemon juga menjadi salah satu buah yang dapat membantu menurunkan asam urat dan mengurangi risiko gout. Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 mengungkapkan orang yang mengonsumsi jus lemon selama 6 minggu mengalami penurunan kadar asam urat signifikan.

Lemon juga memiliki kandungan senyawa bernama hesperidin dan diosmin. Kedua zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Nanas
Nanas memiliki banyak khasiat untuk pengidap gout dan kolesterol. Nanas kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam menurunkan kadar asam urat dan mencegah terjadinya gout.

Selain itu, nanas mengandung antioksidan dan bromelain yang tak hanya menurunkan kolesterol LDL, tapi juga bisa menghancurkan kolesterol yang menumpuk di pembuluh arteri.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Obat Tradisional untuk Asam Urat dan Kolesterol yang Mudah Didapat"