Hagia Sophia

28 January 2024

Jenis Ikan Berikut Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Ilustrasi ikan. (Foto: iStock/detikFood)

Orang dengan diabetes disarankan untuk mengatur pola makan, termasuk porsi yang mereka konsumsi. Sebab, kondisi ini mengganggu kemampuan seseorang memproses gula darah atau glukosa darah.

Pola makan sehat dan seimbang terbukti mengatasi gejala diabetes dan mengurangi kemungkinan komplikasi. Bukan hanya karbohidrat seperti pati dan gula yang perlu dibatasi, rupanya jenis makanan sebagai asupan protein untuk pasien diabetes harus dipilih.

Dikutip dari Fatty Crab, sejumlah ikan dilaporkan memiliki kandungan tinggi merkuri yang bisa berdampak negatif pada sistem saraf. Bagi pasien diabetes dengan kondisi kerusakan saraf, tentu berisiko.

Begitu juga dengan ikan yang tinggi natrium. Berikut jenis ikan yang sebaiknya dibatasi:

1. Ikan Kaleng
Makanan laut yang tinggi natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang umum terjadi pada pengidap diabetes.

Mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat memperburuk masalah ini, sehingga lebih sulit untuk menangani kedua kondisi tersebut. Selain ikan kaleng, sejumlah jenis kerang tertentu, produk makanan laut olahan, mengandung banyak natrium, sehingga kurang baik untuk pola makan pasien diabetes.

2. Ikan King Mackerel
Ikan mackerel memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Ada risiko keracunan merkuri saat mengonsumsi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melaporkan merkuri tinggi di ikan ini bisa berbahaya bagi otak juga sistem saraf.

3. Ikan Todak
Sama seperti king mackerel, ikan todak atau yang biasa dikenal swordfish memiliki merkuri yang relatif tinggi. Kandungan merkuri pada ikan todak bahkan jauh lebih tinggi dari ikan lainnya.

FDA menyarankan pasien diabetes untuk menghindari konsumsi ikan jenis ini. Ikan todak memiliki ciri khas rahang atas dan moncong yang memanjang seperti pedang pipih, berukuran cukup besar dengan daging yang banyak.

4. Ikan Hiu
FDA menyebut daging ikan hiu juga memiliki logam beracun merkuri, kadarnya melebihi. dari batas aman. Kandungan ini tentu bisa memicu beragam penyakit seperti merusak sistem saraf pusat, menurunnya fungsi otak, sampai penyakit kardiovaskular.

Di sisi lain, jenis ikan ini juga bisa saja membawa racun laut ciguatoksin yang seringnya berujung fatal.

5. Jenis tuna
Jenis tuna tertentu seperti tuna mata besar atau bigeye tuna perlu dibatasi konsumsinya lantaran memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Di sisi lain, menghindari terlalu sering konsumsi tuna bisa membantu mencegah asupan garam berlebih yang memicu resistensi insulin.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Ikan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Diabetes, Ini Daftarnya"