Hagia Sophia

05 January 2024

Tips Penanganan Bintitan pada Anak

Ilustrasi bintitan pada anak. Foto: Getty Images

Bintitan adalah benjolan merah pada kelopak mata, yang muncul akibat kelenjar minyak di tepi kelopak mata tersumbat.

Bintitan bisa terjadi pada siapa saja, namun rentan terjadi pada anak-anak. Jika bintitan pada anak tak kunjung sembuh, Anda bisa mencoba beberapa langkah penanganan.

Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara penanganan bintitan pada anak, termasuk penyebab, gejala, dan kapan harus berkonsultasi ke dokter.

Cara Penanganan Bintitan Pada Anak

Ada beberapa cara penanganan bintitan pada anak. Jika bintitan pada anak tak kunjung sembuh, Anda bisa coba cara berikut ini, seperti dilansir dari situs Kids Health dan Klinik KMU:

1. Kompres Hangat
Cara pertama yang bisa dilakukan di rumah adalah melakukan kompres hangat untuk mengeluarkan bahan yang menyumbat kelenjar minyak di dekat mata.

Rendam kain ke dalam air hangat (bukan panas), peras, lalu letakkan di mata beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari.

2. Gunakan Sampo Bayi
Anda bisa membersihkan bagian kelopak mata dengan sampo bayi yang tidak pedih di mata.

Encerkan sampo lalu gunakan kapas untuk membersihkan kelopak mata anak Anda. Ini juga bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan.

3. Gunakan Obat
Anda bisa menggunakan salep atau tetes antibiotik yang diresepkan oleh dokter mata. Obat luar ini berfungsi membunuh bakteri dan meredakan pembengkakan, serta rasa sakit.

4. Lepas Lensa Kontak
Jika anak Anda memakai lensa kontak, lepaskan dulu sementara hingga bintitan sembuh. Sementara gunakan kacamata terlebih dahulu.

Penyebab dan Gejala Bintitan

Dilansir dari situs Mount Nittany Health, penyebab bintitan adalah infeksi pada folikel rambut atau kelenjar minyak di dekat tepi kelopak mata atau di bawah kelopak mata.

Kelenjar minyak tersebut juga kadang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri kulit. Bintitan bisa terjadi jika material tersebut menumpuk di kelenjar yang tersumbat.

Adapun gejala bintitan adalah sebagai berikut:
  • Benjolan merah di dekat kelopak mata
  • Benjolan terasa menyakitkan atau bengkak
  • Mata dan kelopak mata terasa gatal
  • Terasa ada benda mengganjal di dalam mata
  • Mata mudah mengeluarkan kotoran atau air mata
  • Muncul kerak pada kelopak mata

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda mengalami bintitan yang tak kunjung sembuh sekaligus mengalami gejala sebagai berikut:
  • Demam
  • Kejang yang disebabkan oleh demam
  • Kulit merah atau hangat di sekitar mata yang bintitan
  • Kesulitan melihat dari mata yang terkena bintitan
  • Bintitan yang tidak kunjung sembuh atau sembuh tapi datang berulang kali



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bintitan pada Anak Tak Kunjung Sembuh? Coba Lakukan Cara Ini!"