Hagia Sophia

05 January 2024

Cristiano Ronaldo Raih Gelar Best Goalscorer

Foto: REUTERS/AHMED YOSRI

Cristiano Ronaldo mengawali 2024 dengan manis. Bintang Portugal itu langsung menyabet gelar awal tahun.

Pada Kamis (4/1/2023), Ronaldo menyabet gelar Best Goalscorer atau Pencetak Gol Terbaik dari Globe Soccer Awards 2023. Sukses itu diraih berkat ketajaman CR7 sepanjang 2023.


Ronaldo mampu membukukan 54 gol dari 59 laga sepanjang 2023, dari penampilannya bersama klub dan Timnas Portugal. Jumlahnya menjadi yang terbanyak ketimbang pemain lain.

Cristiano Ronaldo mengungguli Harry Kane dan Kylian Mbappe, yang bikin 52 gol sepanjang 2023, serta Erling Haaland (50 gol). Berkat ketajaman itu, Ronaldo didapuk menjadi Best Goalscorer oleh Globe Soccer Awards.

Globe Soccer Awards sendiri merupakan ajang penghargaan individu yang digelar tahunan. Ajang ini pertama kali digelar pada 2010, dan melibatkan FIFA, UEFA, ECA, dan klub top dunia.

Kategori paling bergengsi dari Globe Soccer Awards tentu Best Player of the Year atau gelar pemain terbaik tahunan. Ronaldo menjadi pemilik gelar terbanyak kategori itu, dengan 6 kali meraihnya.

Ronaldo kembali berpeluang menyabet gelar tersebut di Globe Soccer Awards 2023. Ia juga masuk nominasi peraih Best Player of the Year, Best Middle East Player (Pemain Terbaik Timur Tengah), dan Pemain Favorit Pilihan Fans.

Di kategori Best Player of the Year, Cristiano Ronaldo akan bersaing dengan banyak nama. Ada Jude Bellingham, Karim Benzema, Erling Haaland, Kylian Mbappe, Kevin De Bruyne, Lionel Messi, Victor Osimhen, Mohamed Salah, Bernardo Silva, dan Vinicius Junior.

Sistemnya pemilihannya digelar dua tahap. Pertama voting dibuka untuk menentukan finalis, kemudian pemenang akan kembali ditentukan lewat voting, plus penilaian dari profesional, baik itu pelatih, agen, jurnalis, dan mantan pemain.

Golden Globe Soccer 2023 akan digelar di Dubai, 19 Januari mendatang. Ajang ini memang selalu digelar di kawasan Timur Tengah.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Awali 2024, Ronaldo Langsung Sabet Gelar Ini"