Hagia Sophia

05 January 2024

Hewan dengan Usia Terpendek di Dunia

Malang Betul, Ada Hewan yang Punya Usia Terpendek di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/syaber

Semua makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan memiliki masa hidup saat di dunia. Begitupun dengan hewan, mereka punya usia hidup yang berbeda-beda antara satu sama lain.

Ada sejumlah hewan yang dapat hidup sampai belasan tahun. Akan tetapi, ada juga yang punya usia pendek. Bahkan, kurang dari sehari bisa mati.

Lantas, hewan apa yang memiliki usia terpendek di dunia? Simak jawabannya dalam artikel ini.

Hewan dengan Usia Terpendek di Dunia

Hewan dengan usia terpendek di dunia adalah lalat capung (mayfly). Menurut ilmuwan, serangga ini punya umur yang sangat pendek.

Mengutip Live Science, hewan bernama latin Palingenia longicauda itu, memiliki siklus hidup yang 'cukup singkat'. Sebelum berubah menjadi lalat capung, awalnya menetas dari telur berupa larva dan hidup di bawah air selama dua tahun. Tahapan ini disebut Nimfa.

Kemudian, lalat capung mulai mengembangkan sayapnya dan mulai bertransisi dari air ke darat yang disebut tahap Subimago. Lalu, lalat capung mulai berkembang biak pada tahap Imago.

Sayangnya, pada tahap Subimago dan Imago lalat capung tidak memiliki mulut atau sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik. Jadi, serangga tersebut hanya bertahan hidup dari cadangan energi yang dikumpulkan pada tahap Nimfa.

Maka dari itu, sebagian lalat capung hanya hidup dalam waktu beberapa hari saja. Bahkan, ada yang kurang dari 24 jam setelah sayap mereka terbentuk.

Faktor lainnya mengapa lalat capung tidak memiliki hidup panjang karena serangga ini banyak dimangsa hewan lain. Hal tersebut mengganggu proses keberlangsungan siklus hidup mereka serta berpotensi menyeret lalat capung pada kepunahan.

Lalat Capung Cepat Mati, Apakah Merugikan Mereka?

Menurut Luke Jacobus, seorang peneliti lalat capung sekaligus profesor biologi di Universitas Indiana, mengatakan bahwa lalat capung cepat mati merupakan strategi yang bagus dari alam. Evolusi dapat bermain-main dan mengutak-atik garis keturunan lalat capung.

"Sepertinya, evolusi telah memutuskan bahwa lalat capung nimfa berfungsi sebagai pengumpulan nutrisi, sedangkan lalat capung dewasa berfungsi sebagai mekanisme terbang, berproduksi, dan bertelur," kata Jacobus.

Spesies Lalat Capung yang Punya Usia Pendek

Di antara spesies lalat capung, American sand-burrowing mayflies (Dolania americana) merupakan spesies yang memiliki usia paling pendek, menurut situs Georgia Department of Natural Resources Biodiversity.

Seekor lalat capung jantan punya masa hidup kurang dari satu jam setelah mencapai usia dewasa. Sedangkan lalat capung betina memiliki waktu sekitar lima menit untuk berkembang biak, sebelum akhirnya mati.

Itu dia pembahasan mengenai hewan dengan masa hidup terpendek di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Malang Betul, Ada Hewan yang Punya Usia Terpendek di Dunia"