Hagia Sophia

21 January 2023

Adakah Cara untuk Kontrol Kolesterol Agar Tidak Melonjak?

viral kuliner nasi minyak (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tuayai)

Belakangan ini heboh kuliner nasi yang ditambahkan minyak yang berlebih. Menu sajian tersebut berupa ayam atau bebek goreng dengan bumbu, sayur, kubis, dan sambalnya diguyur dengan minyak jelantah. Tak ayal jika banyak peminatnya lantaran rasanya yang nikmat dan gurih.

Pemilik lapak 'Nasi Minyak', Abdul Rosul mengatakan minyak yang digunakan adalah lemak yang keluar saat bebek dikukus. Ia juga mengatakan, lemak atau minyak tersebut tidak pernah dibuang maupun diganti.

"Nggak diganti. Kalau habis ditambah. Nggak membuang minyak, soalnya minyak dan sambal juga disiram," ujar Abdul ketika ditemui detikJatim pada Rabu (18/1/2023).

Spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, FIHA, mengungkapkan makanan seperti nasi minyak itu dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Jika kadar kolesterol jahat sudah menumpuk, dampaknya bisa sangat fatal, salah satunya memicu penyempitan di dinding pembuluh darah yang menyebabkan kurangnya pasokan oksigen di jantung.

"LDL-nya tinggi sekali, kalau LDL-nya tinggi dampaknya malingnya banyak masuk. Akhirnya terjadi peradangan pembuluh darah, jadi makin berat," ucapnya saat ditemui di acara Pers Terkait Mesin MSCT Scan Terbaru Pusat Jantung Nasional Harapan Kita RSJ harapan Kita, Jakarta Barat, Kamis (19/1).

dr Isman juga mengungkapkan, sampai saat ini belum ada makanan yang bisa menetralisir minyak di dalam tubuh. Apabila orang gemar mengonsumsi makanan berminyak, sebaiknya mengimbangi dengan makanan mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan omega 3. Juga, penggunaan minyak yang sampai saat ini masih bisa ditolerir untuk kesehatan adalah minyak zaitun.

"Kalau memang ada faktor risiko, maka hindari yang berminyak-minyak. Karena minyak itu salah satu bahan-bahan produk untuk terbentuknya kolesterol. Baik minyak yang setengah matang, jelantah, tentu itu sebagai pembentuk kolesterol," tutur dr Isman.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Doyan Makanan Berminyak, Ada Cara biar Kolesterol Tak Melonjak? Ini Kata Dokter"