Hagia Sophia

21 January 2023

Berbagai Kasus Wanita yang Alami Payudaranya Terus Tumbuh Tidak Berhenti

Payudara wanita ini tidak berhenti tumbuh. (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)

Payudara adalah anggota tubuh yang memiliki banyak manfaat. Payudara berfungsi untuk memproduksi ASI (air susu ibu) dan meningkatkan gairah seksual.

Dikutip dari Longevita, proses perkembangan payudara pada wanita dimulai sejak dua hingga 2,5 tahun sebelum mendapatkan menstruasi pertamanya. Usia rata-rata payudara tumbuh pada kebanyakan anak perempuan adalah 8 sampai 13 tahun. Perkembangan payudara normal berlanjut hingga anak perempuan berusia 18 tahun dan dapat berlanjut sampai awal usia dua puluhan.

Payudara akan berhenti tumbuh pada perempuan dengan usia yang berbeda-beda. Jaringan payudara dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang dialami selama hidup.

Namun, ada sejumlah perempuan yang mengalami penyakit langka gigantomastia, yaitu menyebabkan pertumbuhan payudara tidak sebagaimana mestinya. Berikut sederet kasusnya yang telah dirangkum detikcom.

1. Pamelia J

Seorang wanita di Australia, Pamelia J yang memiliki payudara tak kunjung tumbuh bahkan hingga kini usianya 27 tahun. Pamelia didiagnosis mengidap gigantomastia pada Maret 2022. Ia dirujuk ke ahli bedah, yang mengidentifikasi bahwa ia memiliki kondisi sangat tidak biasa, ditandai dengan pertumbuhan jaringan payudara berlebihan.

Hanya dalam waktu delapan bulan, payudara Pamelia berubah dari ukuran bra cup J menjadi ukuran M, tumbuh selebar 14 cm. Kondisi tersebut tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan fisik, melainkan juga berimbas kepada kondisi mentalnya.

2. Annie Hawkins Turner

Annie Hawkins Turner, wanita yang dinobatkan sebagai pemilik payudara terbesar dunia menurut Guinness World Record. Ia ternyata didiagnosis gigantomastia.

Dikutip dari The Sun, Annie memiliki ukuran payudara 102ZZZ dan berat masing-masing payudaranya mencapai 30 kg. Besar payudaranya mulai tampak tak normal sejak usia lima tahun, di usia sembilan tahun bahkan dia sudah mengenakan bra ukuran 36D.

3. Araba Banson

Seorang wanita asal Battersea, London, Araba Banson mengatakan memiliki payudara yang mulai tumbuh saat berusia 19 tahun. Sebelum itu, ia mengaku tidak pernah memakai bra.

Dikutip dari Daily Mail, Araba diketahui memiliki ukuran payudara 34K dan sering mengalami sakit punggung yang membuat ia terbaring di tempat tidur. Araba menghabiskan 120 dolar setiap kali membeli bra baru untuk dadanya yang terus membesar.

4. Lamphrai Srinuan

Wanita Thailand bernama Lamphrai Srinuan itu juga mengalami gigantomastia. Ia menyadari payudaranya membengkak sekitar 2016, dua tahun kemudian payudaranya membengkak seperti balon.

Srinuan sering mengalami nyeri bahu, punggung, serta infeksi sendi. Ia dan suaminya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit Buddhachinaraj di Phitsanulok, Thailand.

"Saya tidak memakai pakaian karena setiap kemeja yang saya miliki sekarang tidak muat untuk saya. Saya hanya punya satu baju besar yang saya pakai saat pergi ke rumah sakit," tuturnya dikutip dari The SUN UK.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Deretan Kasus Wanita Alami Payudara Tak Berhenti Tumbuh gegara Kondisi Langka"