Hagia Sophia

21 January 2023

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Payudara

Berapa ukuran payudara normal untuk wanita? (Foto: Getty Images)

Sebagian besar wanita mengidam-idamkan bentuk payudara yang ideal bagi mereka. Bahkan, beberapa diantaranya melakukan operasi plastik. Lantas, berapa ukuran yang normal bagi payudara wanita?

Jika bertanya tentang ukuran payudara, biasanya mengacu pada ukuran bra. Dikutip dari Healthline, rata-rata wanita di Amerika Serikat (AS) menggunakan bra berukuran 34DD. Sementara itu, di Inggris rata-rata wanita menggunakan berukuran 36DD.

Akan tetapi, ukuran bra bukan sebagai penentu ukuran payudara seseorang. Faktanya, diperkirakan 80 persen orang memakai ukuran bra yang salah.

Hal ini dikarenakan ukuran bra bermacam-macam tergantung mereknya. Bentuk payudara juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Ukuran Normal Payudara

Diungkapkan Dokter Spesialis Bedah Plastik dr Nathania Pudya Hapsari, SpBP, ukuran normal payudara disesuaikan dengan proporsi wanita tersebut. Payudara harus sesuai dengan bentuk bahu atau batas ketiak seseorang

"Kan nggak bagus juga payudara itu sampai melewati dari area anatomisnya, itu pasti terlihatnya jadi tidak natural," tutur dr Nathania.

Sementara itu, sebuah penelitian yang melibatkan 2.000 orang menunjukkan 60 persen pria dan 54 persen wanita menuturkan wanita dengan ukuran payudara rata-rata dinilai lebih menarik.

Ketika didesak untuk lebih spesifik, 53 persen wanita dan 49 persen pria memilih cup C. Penelitian tersebut juga melihat 70 persen responden menyukai payudara pasangannya.

Pada akhirnya, tidak ada ukuran payudara yang 'normal'. Melainkan, kenyamanan dan kepercayaan diri masing-masing individu.

Faktor yang Menentukan Ukuran Payudara

Faktor genetik berperan besar dalam menentukan ukuran dan bentuk payudara seseorang. Di samping itu, ada tiga faktor lainnya yang menentukan:
  • Berat Badan. Lemak memainkan peran besar dalam jaringan dan kepadatan payudara, jadi berat membuat perbedaan pada payudara.
  • Olahraga. Olahraga yang melibatkan dada seperti push-up dan bench press, akan mengubah bentuk payudara menjadi lebih kencang dan bagus.
  • Hamil dan menyusui. Perubahan payudara dipengaruhi oleh hormon saat hamil. Ketika menyusui, ukuran payudara akan lebih besar.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berapa Ukuran Normal Payudara Wanita? Begini Faktanya"