Hagia Sophia

21 January 2023

Suami Tantri Kotak Alami Ambeien Stadium 3, Apakah Ciri-cirinya?

Suami Tantri Kotak idap wasir stadium 3 (Foto: Instagram @tantrisyailendra)

Tantri Kotak menceritakan kondisi suaminya, Arda NAFF, yang menjalani operasi untuk mengatasi ambeien yang sudah dialami selama bertahun-tahun. Disebutkan bahwa kondisinya sudah masuk ke stadium tiga.

Saat itu, Arda sempat mengalami gejala berupa perdarahan hingga HB nge-drop. Kondisi ini terjadi selama sebulan lebih.

"Biasanya pake obat pendarahannya berhenti tapi ini terus-terusan dan sampe pucet lemas. Pas cek darah ternyata HB-nya 8," ungkap Tantri lewat akun Instagram miliknya @tantrisyalindri, Kamis (19/1/2023).

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembuluh darah membengkak di anus dan rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Kondisi ini dapat berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Menurut dokter spesialis bedah dari Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Julias Arief Komala, SpB, ambeien stadium 3 terjadi saat kondisi benjolan ambeien keluar dan kembali masuk bila di dorong secara manual ke dalam.

"Selain itu, tingkat keparahan stadium 3 juga ditentukan berdasarkan keluhan pasien," kata dr Julias pada detikcom, Jumat (20/1/2023).

"Dikatakan parah bila menimbulkan gangguan aktivitas atau disertai adanya trombosis (gangguan kesehatan yang ditandai dengan penggumpalan di dalam pembuluh darah," lanjutnya.

Lalu, Kapan Ambeien Harus Diwaspadai?

Menurut dr Julias, ambeien harus diwaspadai jika kondisinya mulai mengganggu. Misalnya seperti:
  • Muncul rasa nyeri
  • Ambeien tidak bisa masuk kembali
  • Kondisi ambeien membesar
  • Terjadi perdarahan
  • Terjadi infeksi
Selain itu, dr Julias juga mengingatkan pada ibu hamil yang memiliki riwayat ambeien. Sebab, kondisi ibu hamil cenderung bisa menyebabkan ambeien semakin parah.

"Sehingga pengobatan sejak awal perlu dilakukan. Penting identifikasi masalah sejak trimester awal kehamilan," pungkasnya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dialami Suami Tantri Kotak, Waspadai Ciri-ciri Ambeien Masuk Stadium 3"