Hagia Sophia

21 January 2023

Pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Nano Riantiarno tutup usia. (Foto: Tia Agnes/ detikHOT)

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor sekaligus pendiri Teater Koma Nano Riantiarno meninggal dunia di usia 73 tahun.

Kabar ini dibenarkan oleh putra sulung Nano dan Ratna Riantiarno, Rangga Bhuana. Rangga menuturkan kondisi sang ayah terus menurun sejak tadi malam.

"Iya tadi pagi, kondisi terus menurun sejak semalam. Sekitar jam 5 subuh kami dipanggil semua ke kamar," ungkap Rangga Bhuana dikutip dari detikHot, Jumat (20/1/2023).

Nano sempat menjalani rawat inap di RS Kanker Dharmais sejak 27 Desember 2022. Sebelumnya, ia dilarikan ke ICU RS Fatmawati akibat ada cairan dari tumor paha yang sempat dioperasi dan menjalar hingga ke paru-paru.

Nano juga memiliki masalah jantung, sehingga cukup berisiko jika dioperasi. Oleh sebab itu, pihak keluarga memutuskan untuk menjalani rawat jalan sejak Senin (15/1/2023).

"Memang hari Senin sudah balik dari rumah sakit, kami memutuskan untuk rawat jalan. Karena nyebar ke paru-paru papa juga punya kondisi jantung. Jadi berisiko juga (kalau dioperasi)," kata Rangga.

Selama menjalani rawat jalan di rumah, Nano tetap menggunakan selang untuk mengurangi cairan yang ada di dalam paru-parunya. Rongga yang ada di paru-paru ditempelkan ke dada agar cairan tersebut tidak keluar.

"Ya memang dari tumor di bagian paha itu, menyebar ke paru-paru. Jantungnya juga bekerja dengan keras," tutur Rangga.

Sebelumnya, kabar duka kepergian Nano disampaikan melalui pesan berantai yang diterima tim detikcom. Rencananya, jenazah akan disemayamkan di Sanggar Teater Koma, Bintaro, Jakarta Selatan pada Sabtu (21/1/2023) sebelum dimakamkan.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, suami, ayah, kakak, guru kami tercinta, Norbertus Riantiarno, di rumah beliau, pada pagi hari, Jumat, 20 Januari 2023, pukul 06.58 WIB," demikian keterangan pesan berantai, Jumat (20/1/2023).

"Penguburan almarhum direncanakan Sabtu, 21 Januari 2023, sebelum pukul 12.00 WIB siang, di Taman Makam Giri Tama, Tonjong, Bogor," sambung pesan tersebut.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nano Riantiarno Meninggal Dunia, Punya Sakit Jantung hingga Sempat Operasi Tumor"