Hagia Sophia

21 January 2023

Waspadai Pemakaian Tramadol tanpa Resep Dokter, Efeknya Bisa Fatal

Viral tramadol di media sosial, obat apa sih sebenarnya? (Foto ilustrasi: iStock)

Tramadol baru-baru ini mendadak jadi perbincangan di media sosial. Obat keras ini pasalnya digunakan sejumlah orang tanpa resep dokter.

Padahal, efeknya bisa fatal jika mengalami kecanduan. pakar farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Zullies Ikawati menjelaskan tramadol merupakan obat antinyeri golongan narkotik.

Artinya, dalam penggunaannya, memang wajib memperoleh resep dokter. "Jika digunakan tanpa indikasi nyeri, itu sudah merupakan pertanda adanya penyalahgunaan, yaitu penggunaan obat tanpa indikasi yang tepat," jelas Prof Zullies saat dihubungi detikcom Jumat (20/1/2023).

Lantaran termasuk golongan narkotika, efek yang ditimbulkan juga sama dengan obat narkotika lain seperti morfin, kodein, dan lain sebagainya.

"Yaitu memang bisa menyebabkan euforia. tetapi jika overdosis juga bisa berbahaya dan mematikan, karena akan menekan laju pernapasan," wanti-wanti Prof Zullies.

Serupa, spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni atau yang disapa dr Koko mewanti-wanti bahaya kecanduan obat yang bisa dibeli bebas di marketplace dengan harga relatif murah.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengguna Twitter mengaku menemukan obat tramadol di dalam saku adiknya. Cuitan tersebut lantas viral mendapat banyak respons netizen, salah satunya berkomentar soal penyalahgunaan obat.

"Ada yang tau ga ini obat apa terus kegunaannya apa??? Nemu di kantong celana sekolah adek gua," tutur @c*nvo***.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Tramadol Dipakai tanpa Resep Dokter, Efeknya Bisa Sefatal Ini"