Hagia Sophia

21 January 2023

Mungkinkah Radang Amandel Disembuhkan Tanpa Operasi?

Viral wanita mengalami radang amandel. (Foto: Tangkapan layar viral (atas izin yang bersangkutan)

Viral kisah wanita kena radang amandel hingga berakhir dioperasi. Wanita bernama Anjani Risa itu menceritakan awalnya mengeluhkan gejala, seperti batuk dan radang. Semua itu ia abadikan lewat foto-foto yang diunggah dalam akun TikToknya @anjanirisa.

Anjani mengaku sering mengonsumsi minuman manis setiap pulang sekolah. Ia juga sering minum es setiap hari. Karena kebiasaan tersebut, ketika SMA ia mulai merasakan gejala seperti sering batuk terutama setelah minum es dan terpapar udara dingin.

"Jadi sering radang merah di tenggorokan. Pernah juga sampai bengkak," ungkap Anjani ketika dihubungi detikcom, Selasa (17/1/2023).

Setelah tujuh tahun mengalami gejala tersebut, ia pergi berobat ke dokter THT. Keputusan ini diambil karena batuk tersebut sudah mengganggu aktivitasnya. Dokter THT mengatakan kondisi radang amandel Anjani sudah T4 (paling besar). Radang amandel Anjani tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan sehingga harus dilakukan operasi.

Apakah Radang Amandel Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Menurut dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari RS Primaya Depok dr Ahmad Wahyudin SpTHT, radang amandel atau tonsilofaringitis disebabkan oleh virus, bakteri alergi. Virus penyebab radang ini adalah haemophilus influenzae, corona virus, atau virus lain. Sementara itu, radang akibat bakteri disebabkan oleh golongan streptococcus.

Radang amandel bisa sembuh sendiri dengan adanya sistem imun tubuh yang baik. Namun, proses penyembuhan ini hanya berlaku jika amandel disebabkan oleh infeksi virus.

"Bila penyebabnya bakteri atau alergi harus ditangani terlebih dahulu dengan pemberian terapi," jelas dr Ahmad.

Ia mengatakan air es dan manis sebenarnya bukan menjadi penyebab utama peradangan pada tenggorokan dan amandel. Namun, konsumsi minuman tersebut dapat memperberat peradangan sehingga tidak dianjurkan.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Kena Radang Amandel, Mungkinkah Sembuh Tanpa Operasi?"