Hagia Sophia

07 February 2023

Ini Hasil Biopsi Nunung Srimulat

Nunung Srimulat takut menjalani kemoterapi kanker payudara (Foto: Screenshoot 20detik)

Nunung Srimulat baru-baru ini mengungkapkan hasil biopsi yang ia jalani. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kanker payudara yang menyerangnya. Hasilnya, komedian Indonesia itu mengidap kanker payudara stadium 1.

Nunung juga sudah melakukan PET Scan untuk mengetahui penyebaran sel kanker yang ada di tubuhnya. Ia berharap hasilnya juga tak mengkhawatirkan.

"Setelah itu baru bisa diangkat (sel kankernya), operasi," kata Nunung di Brownis Trans TV, Senin (6/2/2023).

"(Hasilnya) Positif (kanker payudara) stadium 1 mau 2," imbuhnya lagi.

Kanker payudara terjadi akibat pertumbuhan sel-sel yang tak normal dan tak terkontrol di dalam payudara. Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dari sel normal dan berakumulasi, kemudian membentuk benjolan atau massa. Pada stadium yang lebih parah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening ke organ tubuh lainnya.

Jenis kanker ini umumnya lebih rentan dialami oleh wanita daripada pria. Meskipun demikian, bukan berarti pria tak bisa mengalami.

Tingkat keparahan dari penyakit ini umumnya ditandai dengan sebutan stadium 0 hingga 4, biasanya disesuaikan berdasarkan ukuran tumor, tes pencitraan, seberapa jauh menyebar di organ tubuh dari titik asalnya, hingga analisis sampel jaringan yang diambil selama operasi atau biopsi.

Dikutip dari Cancercenter, kanker payudara stadium 1 merupakan tahap lebih lanjut dari stadium 0 dan telah menyebar lebih jauh dari jaringan tempat asal kanker itu tumbuh. Biasanya kondisi ini diklasifikasikan sebagai tahap 1A atau 1B.

Pada stadium 1A, tumor berukuran 2 cm atau lebih kecil (seukuran kacang polong) dan belum menyebar ke luar payudara. Sementara pada kanker payudara stadium 1B, tumor kecil telah ditemukan di payudara, berukuran 2 cm atau kurang, dan kelompok kecil sel kanker (berukuran tidak lebih dari 2 mm) telah ditemukan di kelenjar getah bening.

Bisa juga tidak ada tumor yang ditemukan di payudara tetapi kelompok kecil sel kanker (berukuran tidak lebih dari 2 mm) telah terdeteksi di kelenjar getah bening.

Adapun gejala kanker payudara pada stadium 1, di antaranya:
  • Keluarnya puting
  • Lesung kulit
  • Pembengkakan atau kemerahan pada payudara
  • Benjolan di payudara atau ketiak
  • Perubahan tekstur kulit payudara
  • Pembalikan atau perataan puting susu






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nunung Srimulat Ungkap Hasil Biopsi Kanker Payudara: Masih Stadium 1"