Hagia Sophia

07 February 2023

Kebiasaan Berikut Ini Bisa Bikin Payudara Mengecil

Kebiasaan buruk yang bikin payudara mengecil (Foto: Getty Images/iStockphoto/PORNCHAI SODA)

Payudara besar mungkin jadi impian kebanyakan wanita di dunia. Meski tercipta dengan bentuk dan ukuran berbeda-beda, tak sedikit wanita yang memilih implan untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan. Namun, sebenarnya ada hal penting lain yang perlu dihindari, yakni kebiasaan buruk yang bikin payudara mengecil.

Sama halnya dengan tindakan medis lain, prosedur implan sendiri memiliki efek samping yang bisa membahayakan nyawa jika ditangani dengan salah. Dikutip dari Food and Drugs Administration Amerika Serikat (AS), beberapa pasien tersebut melaporkan masalah kesehatan, seperti penyakit jaringan ikat terutama lupus dan rheumatoid arthritis, kesulitan menyusui, masalah reproduksi, penyakit autoimun, serta gejala sistemik.

Ditambah, kini banyak sekali obat-obat tradisional yang mengklaim dapat menambah ukuran payudara dalam waktu singkat. Padahal perkembangan payudara didasari faktor fisik, misalnya genetika, berat badan, dan usia. Perubahan hormon karena kehamilan, gaya hidup, obat-obatan, atau masalah tiroid juga dapat berdampak pada hal tersebut.

Mengesampingkan ukurannya, akan lebih baik jika setiap wanita menjaga kesehatan payudara agar terhindari penyakit mematikan, seperti kanker.

Kebiasaan Buruk yang Bikin Payudara Mengecil

Dikutip dari The Woman Life, beberapa kebiasaan ini tanpa sadar bisa meningkatkan risiko payudara mengecil sehingga harus dibatasi:

1. Diet Rendah Lemak
Jaringan pembentuk payudara kebanyakan tersusun dari lemak. Buat pengidap obesitas, diet rendah lemak sering dianjurkan untuk acuan gaya hidup sehat. Namun bila seorang wanita ingin punya payudara yang besar, setidaknya tingkatkan asupan lemak sehat untuk menstabilkan bentuk dan ukurannya.

Lemak tidak selamanya jahat, nutrisi ini tetap diperlukan tubuh asalkan tidak berlebihan. Sebagai rekomendasi, lemak hewani terbaik yang bisa dikonsumsi adalah ikat laut, sedangkan nabati berasal dari kacang-kacangan.

2. Minum Alkohol Berlebihan
Walau tidak memberikan dampak langsung terhadap ukuran payudara, mengonsumsi alkohol berlebihan merupakan faktor risiko pertumbuhan sel kanker. Jika intervensi terapi tidak membuahkan hasil, salah satu solusi untuk mencegah penyebarannya adalah pengangkatan jaringan payudara (mastektomi).

Akibatnya, bentuk dan ukuran payudara tentu akan jauh mengecil dari sebelumnya. Sebab itu, wanita yang memiliki riwayat genetik kanker, tidak disarankan mengonsumsi alkohol lebih dari satu gelas sehari.

3. Asupan Mineral yang Tidak Cukup
Tak hanya otak yang menyusut ketika seseorang kurang minum, payudara juga. Sebab, manusia 80 persen tersusun atas cairan. Karenanya, para ahli menganjurkan minum minimal delapan gelas air putih setiap hari atau sesuai berat badan.

4. Jarang Makan Daging
Masih berkaitan dengan asupan lemak, nutrisi lain dari daging untuk mempertahankan bentuk payudara adalah serat kolagen. Serat ini turut menyusun jaringan kulit dan menjaganya agar tidak cepat mengendur akibat proses penuaan dan kerusakan sel-sel kulit. Selain sayur dan buah, ceker serta sayap ayam juga mempunyai nutrisi tersebut.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi
Kopi sepertinya sudah jadi teman setia para pekerja yang hobi lembur. Namun, tahukah kamu? minum tiga cangkir kopi setiap hari mengakibatkan ukuran payudara menyusut. Hal ini diungkap pada salah satu penelitian di Swedia yang menulis gen tertentu membuat jaringan lemak menyusut karena terlalu banyak minum kopi.

"Minum kopi dapat memiliki efek besar pada ukuran payudara," kata ketua peneliti Helena Jernstrom dari Universitas Lund di Swedia, kepada Telegraph.

Meski begitu, penelitian ini perlu pendalaman studi lebih lanjut. Temuan dalam studi tersebut hanya menjadi pengingat untuk membatasi asupan kopi dalam kategori 'sedang' atau sewajarnya.

Jadi, dari kebiasaan buruk yang bikin payudara mengecil di atas, mana yang sering diabaikan? Mungkin efeknya tidak serta-merta, namun dalam jangka panjang hal itu bisa membawa pengaruh buruk pada kesehatan.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Payudara Mengecil, Termasuk Sering Ngopi"