Hagia Sophia

10 February 2023

Bongkahan Emas Ini Beratnya Hingga 72 Kg

Bongkahan Emas Terbesar Beratnya Setara Orang Dewasa. Foto: Ilustrasi emas batangan/Getty Images/iStockphoto/Casanowe

Bongkahan emas terbesar di dunia ditemukan pada 5 Februari 1869 di Victoria, Australia. Temuan ini sungguh mencengangkan. Bayangkan, berat bongkahan emas kira-kira setara dengan satu orang dewasa.

Adalag dua penambang bernama John Deason dan Richard Oats yang menemukan bongkahan harta karun tersebut. Bongkahan yang kemudian dijuluki 'Welcome Stranger' itu beratnya 72 kg dan panjang 61 cm.

Kedua pria itu membawa bongkahan itu ke kota Dunolly untuk ditimbang di London Chartered Bank. Sayangnya, bongkahan itu sangat besar sehingga tidak sesuai dengan skalanya, dan malah pecah sebelum bisa difoto. Replika pun dibuat untuk mengabadikan penemuan itu.

Dikutip dari BBC News, saat itu keduanya menerima imbalan kurang dari 10 ribu poundsterling, sementara bongkahan itu dipecah dan dilebur menjadi emas batangan. Jika ditemukan bongkahan serupa di zaman sekarang, nilainya kira-kira sekitar 2 juta poundsterling (Rp 36,5 miliar).

Ini bukan satu-satunya bongkahan emas raksasa. Ada temuan bongkahan emas lainnya yang dinamai Pepita Canaa yang menempati posisi teratas sebagai bongkahan emas terbesar yang masih ada. Emas ini punya berat 60 kilogram, ditemukan oleh Julio de Deus Filho di Brasil pada tahun 1983. Bongkahan tersebut saat ini dipajang di 'Gold Room' Museu de Valores do Banco Central di Brasília.

Replika bongkahan emas 'Welcome Stranger'. Foto: Museum Victoria

Munculnya berbagai teknologi, berperan dalam beberapa penemuan bongkahan besar emas. Namun belum pernah ada lagi yang lebih besar dari bongkaha 'Hand of Faith'. Ditemukan pada tahun 1980 oleh Kevin Hillier, bongkahan emas ini disebut-sebut sebagai bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan menggunakan detektor logam. Pernah juga ditemukan 'Down Under', bongkahan emas yang luar biasa ini sekarang dipajang di sebuah kasino di Las Vegas setelah terjual lebih dari USD 1 juta dan disebut-sebut mengandung 875 troy ons emas.

Troy ons digunakan untuk menimbang emas sebelum diperkenalkan sistem metrik. Satuan ini masih digunakan sampai sekarang untuk menimbang logam mulia dan permata oleh para pelaku bisnis. Satu troy ons sama dengan 31,1 gram. Satuan ini berbeda dengan sistem avoirdupois biasa yang menetapkan 1 ons sama dengan 28,5 gram. Harga emas yang dijual zaman sekarang memang dalam harga per ons, tetapi biasanya mengacu pada troy ons.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bongkahan Emas Terbesar Beratnya Setara Orang Dewasa"