Hagia Sophia

10 February 2023

Gadis Usia 7 Tahun Ini Jadi Pasien Kanker Payudara Termuda

Ilustrasi pasien kanker payudara. (Foto: iStock)

Seorang anak perempuan di Chile, Amerika Selatan, diyakini menjadi pasien kanker payudara termuda. Diketahui usianya baru tujuh tahun.

Ibu pasien yang tidak disebutkan identitasnya itu pertama kali melihat benjolan di dada putrinya yang saat itu berusia lima tahun. Dua tahun kemudian, benjolan yang ia lihat itu dipastikan sebagai kanker payudara dan membuat putrinya harus menjalani operasi untuk mengangkat jaringan yang terkena.

"Saat mengeringkannya dan mengoleskan krim (setelah memandikannya), saya melihat ada benjolan kecil di bawah putingnya," ungkap ibu dari pasien yang dikutip dari Mirror UK, Kamis (9/2/2023).

"Dokter mengatakan kepada saya bahwa ini tidak normal dan akan tumbuh jika dibiarkan dalam waktu lama, tetapi dia tidak pernah memberitahu saya bahwa akan menjadi seperti ini," lanjutnya.

Ibu dari gadis kecil itu merasa sangat sakit melihat putrinya yang harus menjalani operasi. Saat dibawa ke ahli onkologi, putrinya mengatakan ia tidak ingin botak seperti penderita kanker kebanyakan.

"Selain itu, dia tidak mengerti bahwa dia telah kehilangan payudaranya," kata ibunya.

Saat ini, keluarga gadis tujuh tahun itu sedang menunggu hasil tes untuk mengetahui apakah tumor itu sudah bermetastasis. Jika kondisi putrinya tidak membaik, mereka berencana pergi ke dokter spesialis yang merawat pasien kanker di Barcelona.

Menanggapi kasus tersebut, presiden Asosiasi Pasien Kanker Chile Felipe Tagle mengatakan banyak dokter yang tidak mau menangani pasien tersebut. Kebanyakan menolak karena usia pasien yang masih tujuh tahun.

Ahli hematologi anak dan ahli onkologi Francisco Barriga mengatakan kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara umumnya berusia antara 50 dan 60 tahun. Untuk kasus yang dialami anak usia tujuh tahun tentu sangat jarang terjadi.

"Dari sana, itu mulai jarang muncul, dan kasus anak di bawah usia 7 tahun benar-benar anekdot," pungkasnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gadis 7 Tahun Diyakini Jadi Pasien Kanker Payudara Termuda, Begini Kisahnya"