Hagia Sophia

10 May 2023

Akan Ada Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi, Berbahayakah?

Ilustrasi asteroid (Foto: BBC Magazine)

Pada akhir Mei 2023, NASA akan mengawasi asteroid raksasa yang akan mendekati Bumi. Apakah ada potensi bahaya?

Dikutip dari The Sun, Selasa (9/5/2023) batu luar angkasa besar tersebut disebut 2023 CL3 yang lebarnya diperkirakan mencapai 200 meter. NASA memasukkan asteroid raksasa itu ke daftar Earth Close Approaches bersama dengan batuan luar angkasa lain yang akan terus diselidiki.

Asteroid 2023 CL3 ukurannya dua kali lebih besar dari Patung Liberty. Ikon terkenal di New York tersebut berdiri pada ketinggian 93 meter apabila menyertakan alasnya, dan berukuran 46 meter apabila hanya mengukur patungnya.

Oleh karena itu, asteroid raksasa tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang serius apabila bertabrakan dengan Bumi. Hal tersebut disebabkan apabila asteroid itu ada dalam jarak 7,5 juta km dan lebih besar dari ukuran tertentu, NASA akan menilainya punya potensi bahaya.

Asteroid 2023 CL3 akan diperkirakan melewati Bumi pada 24 Mei 2023 dengan jarak kurang dari 7,2 juta km. Mungkin terdengar cukup jauh, namun dalam ukuran antariksa, ilmuwan menilai sebagai jarak yang mepet.

Asteroid raksasa tersebut diperkirakan akan melesat melewati Bumi dengan kecepatan lebih dari 26 ribu km/jam. Namun para ilmuwan yakin, asteroid ini akan lewat dengan aman.





























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Asteroid Raksasa Akan 'Pepet' Bumi, NASA Waspada"