Hagia Sophia

10 May 2023

Beberapa Makanan Berikut Ini Cocok untuk Atasi Hipertensi

Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything

Dalam dunia medis, hipertensi adalah istilah lain untuk menyebut penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini terjadi apabila banyak darah yang dipompa oleh jantung tak seimbang dengan pembuluh darah arteri yang sempit.

Hipertensi dapat menyerang siapapun, namun umumnya orang berusia lebih tua lebih rentan terserang penyakit ini.

Walau begitu, hipertensi bisa dicegah dengan membiasakan diri hidup sehat sejak masih muda. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan nutrisi, terutama untuk kontrol tekanan darah.

Temukan jenis sayur, buah, dan ikan yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi di artikel berikut ini.

Makanan Untuk Menurunkan Darah Tinggi

1. Brokoli
Pertama, bagi para pengidap hipertensi, brokoli cukup direkomendasikan. Hal ini karena brokoli mengandung mineral, seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Ketiganya berperan penting dalam mengontrol tekanan darah. Tak hanya itu, mineral pada brokoli bisa mengatasi kerusakan pembuluh darah arteri.

2. Bayam
Bayam dikenal akan kandungan nitrat yang cukup tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Kemudian, bayam juga punya sejumlah kandungan lain seperti antioksidan, kalsium, magnesium, dan potasium untuk membuat tekanan darah tetap normal.

3. Seledri
Dalam dunia kesehatan, seledri diakui salah satu jenis sayur yang bisa meningkatkan sirkulasi serta mengontrol tekanan darah. Bagi penderita hipertensi, seledri bisa dikonsumsi dalam jumlah sekitar empat batang tiap harinya. Atau opsi lainnya seledri bisa diolah menjadi jus.

4. Kubis
Kubis dengan kandungan potasium dapat mengontrol tingginya tekanan darah pada tubuh. Selain itu, kandungan lain pada kubis yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi adalah kalium.

5. Tomat
Dikutip dari Jurnal Stikes William Booth, tomat dinilai dapat menurunkan darah tinggi berkat kandungan kalium yang berfungsi untuk meningkatkan ekskresi natrium dan air. Hal inilah yang kemudian memicu penurunan volume plasma, curah jantung, tekanan perifer, dan tekanan darah.

6. Pisang
Pisang terbukti memiliki kandungan kalium di dalamnya. Kalium ini bisa mengontrol jumlah garam dalam tubuh agar tetap seimbang, yang pada akhirnya bermanfaat agar tekanan darah tidak naik. Pisang sendiri bisa dikonsumsi langsung, ataupun diolah lagi menjadi jus, smoothies, dan hidangan pendamping oatmeal.

7. Buah Bit
Tidak hanya populer di kalangan penderita diabetes, buah bit juga kaya manfaat bagi pengidap hipertensi. Pasalnya, buah bit dipercaya punya kandungan nitrat untuk menurunkan tekanan darah.

8. Buah Beri
Aneka jenis buah beri contohnya adalah blueberry, stroberi, dan raspberry. Selain rasanya yang lezat, faktanya jenis buah beri sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi orang-orang yang punya tekanan darah tinggi. Hal ini karena adanya senyawa flavonoid pada buah beri.

9. Alpukat
Alpukat dikenal dengan rasanya yang manis dan mengenyangkan. Selain itu, tingginya kandungan mineral pada alpukat dapat mencegah sekaligus mengontrol tekanan darah yang tinggi. Ada pula kalium yang berperan penting mengatur detak jantung supaya tetap normal.

10. Jeruk
Punya rasa yang asam, jeruk menyimpan banyak manfaat untuk pengidap hipertensi. Vitamin, mineral, dan senyawa lain di dalamnya bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi yang umumnya juga memicu penyakit jantung.

11. Salmon
Kaya akan lemak omega-3, salmon diakui bagus untuk menjawab kebutuhan asupan lemak tubuh. Selain itu, dalam salmon ditemukan pula kandungan protein, vitamin B kompleks, dan potasium yang dapat menyehatkan pembuluh darah.

12. Bandeng
Tak hanya salmon, bandeng juga punya kandungan omega-3 yang tak kalah tinggi, loh. Oleh karena itu, bandeng diakui dapat membantu menurunkan trigliserida dalam aliran darah.

13. Tuna
Tuna adalah salah satu sumber makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan gula. Bonusnya lagi, tuna memiliki lemak omega-3 sehingga dinilai sebagai makanan sehat. Sejumlah nutrisi tersebut dapat mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

14. Teri
Teri dikenal lezat karena punya rasa yang gurih. Walau kecil ukurannya, tak disangka bahwa jenis ikan yang satu ini sarat akan asam lemak omega-3. Makanya, teri bagus dikonsumsi oleh pengidap hipertensi.

15. Makarel
Terakhir, ada makarel yang punya sedikit kemiripan bentuk dengan ikan tuna. Bagi para penderita darah tinggi, makarel cukup direkomendasikan karena mengandung lemak omega-3 yang tinggi. Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi ikan makarel juga menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "15 Makanan Penurun Darah Tinggi, Cocok Untuk Atasi Hipertensi"