Hagia Sophia

16 July 2023

Beberapa Manfaat dari Buah Rambutan, Salah Satunya Cegah Kanker

Rambutan. Foto: Getty Images/iStockphoto/vichuda

Siapa sangka rambutan ternyata menyimpan banyak manfaat? Tanaman rambutan bisa tumbuh dengan subur hingga tinggi 27 meter di iklim tropis. Contoh negara dengan iklim ini adalah Malaysia dan Indonesia.

Rambutan berkerabat dengan leci dan lengkeng yang ditandai dengan penampilan yang mirip. Daging buahnya berwarna putih bening dengan rasa manis dan lembut, dengan biji di tengahnya.

Manfaat Rambutan

Rambutan mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat kesehatan. Dikutip dari Conserve Energy Future, berikut manfaat khasiat rambutan:

1. Mengatasi Bibir Kering dan Sariawan
Kandungan vitamin C dalam rambutan bisa membantu tubuh mencegah beragam gangguan. Misalnya sakit tenggorokan, sariawan, maupun bibir kering yang bisa sangat mengganggu jika dibiarkan.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Selain vitamin C, rambutan ternyata kaya vitamin A lho. Konsumsi teratur dapat membantu menjaga fungsi dan kesehatan mata. Hasilnya, mata dapat melihat dengan jernih tanpa gangguan.

3. Mencegah Anemia
Dengan gizi yang dikandungnya, rambutan dapat mencegah anemia atau biasa disebut kurang darah. Tentunya harus dibarengi konsumsi asupan lain yang bergizi dan penerapan gaya hidup sehat.

4. Mengurangi Kolesterol
Konsumsi gorengan dan camilan lain berisiko meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Alih-alih konsumsi camilan yang membahayakan tubuh, lebih baik makan rambutan dengan kelengkapan nutrisi untuk tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal
Rambutan membantu membersihkan ginjal melalui proses detoksifikasi. Ginjal adalah organ vital yang bertugas menyaring darah dalam tubuh. Kotoran ini dibuang melalui urine.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Konsumsi rambutan melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, serta menurunkan risiko berbagai penyakit tidak menular. Salah satunya hipertensi yang bisa meningkatkan peluang terkena stroke atau penyakit lain.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung dalam rambutan bertindak sebagai antioksidan alami. Bersama dengan antioksidan lain seperti flavonoid, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit juga ikut meningkat.

Selain itu, nutrisi dalam buah ini sangat penting dalam menciptakan sel darah putih. Sel yang disebut leukosit ini berfungsi sebagai perlindungan tubuh melawan berbagai penyakit.

8. Mencegah Sembelit
Sembelit disebabkan kurangnya serat yang masuk ke dalam tubuh kita dalam sehari. Salah satu makanan dengan kandungan serat tinggi adalah sayur dan buah, tak terkecuali rambutan. Rutin konsumsi sayur dan buah menurunkan risiko sembelit.

9. Merawat Kulit
Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang harus kita jaga kelembapannya. Dalam rambutan, kamu akan menemukan protein dan mineral penting lainnya yang dapat membantu meremajakan kulit.

10. Menjaga Kesehatan Rambut
Rambutan mengandung zat besi dan protein yang bisa memperbaiki kesehatan dan pertumbuhan rambut. Tentunya harus dibarengi usaha menjaga kebersihan dan perawatan rambut lainnya.

11. Baik untuk Ibu Hamil
Banyak perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Salah satunya kecukupan nutrisi karena ibu hamil kerap merasa mual dan tidak doyan makan. Risiko ini bisa diantisipasi dengan makan cukup buah dan sayur, misal rambutan.

12. Mencegah Kanker
Mengonsumsi buah rambutan dipercaya dapat mencegah kanker. Pasalnya, buah ini mengandung banyak sekali antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Ini 12 Manfaat Buah Rambutan, Bisa Cegah Kanker!"