Hagia Sophia

16 July 2023

Kuliner: Warung Bebek Goreng Cak Kardi yang Jualan dengan Mobil Pickup

istimewa

Awalnya bisnis besi tua, sepasang suami istri asal Madura ini kini membuka warung bebek goreng. Bukan pakai gerobak, warung bebek itu buka menggunakan mobil pickup.

Bebek goreng merupakan salah satu kuliner khas Madura yang populer. Meskipun ada kuliner serupa dari daerah lainnya, tetapi bebek goreng khas Madura ini memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas tersebut ada pada bumbu hitam pekat yang berminyak. Kepopuleran bebek goreng khas Madura membuat kuliner ini banyak ditawari oleh warung-warung kaki lima di Jakarta.

Warung bebek goreng khas Madura identik dengan gerobak atau warung tenda. Tak pakai banner banyak gambar, hanya berupa gerobak yang ada kacanya dengan tulisan sederhana.

1. Pakai Mobil Pick Up
Bebek Madura Cak Kardi jualan pakai mobil pickup. Foto: detikcom/Riska Fitria

Namun berbeda dengan warung bebek goreng khasMadura yang satu ini. Warung bernama Bebek Goreng khasMadura CakKardi ini tidak menggunakan gerobak, melainkan pakai mobil pickup yang telah dimodifikasi.

Berbagai keperluan warung, mulai dari wadah bebek, termos nasi, wadah sambal, wadah bumbu, kompor, penggorengan, dan tabung gas ditata di bagian belakang mobil pickupnya.

Kemudian, di pinggirnya dilapisi besi sehingga tempat menaruh keperluan dagangnya tertutup. Hanya satu bagian yang terbuka di mana di sanalah pengunjung memesan dan pemilik memasak bebeknya.

Warung bebek gorengnya ini mangkal di pinggir jalan di Jalan Raya Serpong No.30, Serpong, Tangerang selatan. Tepatnya di samping kantor DPRD.

2. Awalnya Bisnis Besi Tua
Kholifa, pemilik warung Bebek Madura Cak Kardi Foto: detikcom/Riska Fitria

Kepadadetikcom (13/07/23)Kholifah, istri dari Cak Kadir sekaligus pemilik warung bebek mengatakan bahwa dulunya mereka menjalani bisnis besi tua di Jakarta.

"Waktu itu kami buka bisnis besi tua. Masih di Jakarta juga itu. Tapi pas pandemi kan semuanya berubah, terus mencoba untuk buka warung bebek goreng aja," ujar Kholifa.

Berawal dari bisnis terdahulunya, ia pun disarankan oleh temannya untuk memanfaatkan sisa barang yang dimiliki. Seperti mobil pickup yang akhirnya digunakan untuk berjualan bebek gorengnya.

"Disarankan sama temen. Daripada gak kepake kan, akhirnya kita manfaatin mobil ini. Ini punya kami sendiri, terus dimodif sedikit-sedikit,"tuturnya.

3. Bumbu Hitam Dimasak 8 Jam
Bebek Madura Cak Kardi masak bumbu hitam sampai 8 jam. Foto: detikcom/Riska Fitria

Bumbu hitam pekat menjadi ciri khas pada bebek goreng khasMadura dan tidak dimiliki oleh bebek goreng dari daerah lainnya.Kholifah mengatakan bahwa bumbu hitam itu diracik dari rempah-rempahan.

"Rempah-rempahan biasa, kayak buat masak ayam. Bumbunya dimasak dari yang warnanya kuning sampai jadi hitam kayak gini itu dimasak selama 8 jam pakai api kecil," lanjut Kholifa.

Baik bebek goreng dan bumbu hitamnya tersebut diracik menggunakan resep sendiri. Seporsi bebek goreng di sini dibanderol seharga Rp 20.000 untuk ukuran yang kecil dan Rp 33.000 untuk ukuran jumbo.

4. Bumbu hitam dan sambal bawang
Bebek Madura Cak Kardi Foto: detikcom/Riska Fitria

Seporsi bebek goreng khas Madura tersebut dilengkapi dengan kondimen bumbu hitam, sambal bawang dan mentimun. Hidangan itu disajikan dalam piring yang dilapisi daun pisang.

Daging bebeknya lembut dan mudah dipotek. Tak perlu usaha berlebihan untuk menyobek daging bebeknya. Rasanya gurih dan terasa sedikit pedas ketika dibalut dengan bumbu hitam.

Untuk menu pelengkap, Kholifa mengatakan ada berbagai pilihan. Mulai dari tahu, tempe, dan sate ati ampela. Semuanya dibanderol seharga Rp 1.000 per pcs.

5. Menggunakan Bebek Lokal
Suasana makan di warung Bebek Madura Cak Kardi Foto: detikcom/Riska Fitria

Untuk jenis bebek yang digunakan, Kholifah menuturkan bahwa ia menggunakan bebek lokal. Meski warungnya masih berusia 2 tahun, tetapi ia sudah mendapatkan banyak pelanggan.

Dalam sehari, ia bisa menghabiskan 10 ekor bebek di hari weekday dan 12 ekor bebek di hari weekend. Selain bebek goreng khas Madura, warung ini juga menawarkan menu ayam goreng.

Ayam gorengnya juga disajikan dengan balutan bumbu hitam yang kaya rempah dan sedikit pedas tersebut. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00-20.00.

"Buka setiap hari, tutupnya kalau lagi capek aja atau lagi ada acara tertentu," tutup Kholifa.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Bebek Goreng Madura Cak Kardi Ini Dijual Dalam Mobil Pickup"