Hagia Sophia

16 July 2023

Kebiasaan Makan dari Beberapa Negara yang Berbeda-beda

Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Setiap negara memiliki kebiasaan atau budaya makan yang berbeda. Seperti Jepang hingga India, yang memiliki budaya makan unik.

Dipengaruhi oleh kebiasaan hingga norma yang berlaku, banyak negara memiliki kebiasaan makan unik. Seringkali, etiket makan yang dianggap tak sopan di satu negara, justru dianggap sebaliknya di negara lain.

Sehingga penting untuk setiap orang mempelajari budaya hingga etiket makan yang berlaku, sebelum mengunjungi atau tinggal di negara tersebut.

Contohnya seperti di Korea Selatan yang memiliki budaya makan, untuk selalu menunggu orang tua makan lebih dulu. Kemudian ada negara Iran, yang tak terbiasa makan menggunakan tangan langsung. Selain itu ada negara Jepang, yang punya banyak kebiasaan makan menarik.

Dilansir dari Kuali (14/07), berikut kebiasaan makan yang menarik dari berbagai negara di dunia.

1. Chili
Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Chili atau Chile merupakan negara yang letaknya di Amerika Selatan, dengan ibu kota Santiago. Mirip seperti negara di Amerika Selatan lainnya, ada banyak kebiasaan dan aturan makan yang berlaku di sana. Salah satunya dengan selalu makan menggunakan peralatan makan, seperti pisau garpu hingga sendok.

Bahkan jika menyantap roti atau ayam goreng sekali pun, Anda harus tetap menggunakan pisau dan garpu. Karena sudah menjadi budaya makan di sana, bahwa ketika makan wajib menggunakan alat makan. Mereka percaya bahwa, makanan itu tidak boleh dimakan langsung dengan tangan.

Selain orang-orang di Chili tak pernah meninggalkan makanan apapun di atas piring mereka. Menyisakan makanan, dianggap tidak sopan, dan dilambangkan bahwa orang tersebut tidak menikmati makanan yang disajikan. Selain itu menolak minuman yang ditawarkan juga dianggap tak sopan.

2. India
Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang Foto: Site News/Ilustrasi iStock

India ini memiliki kebiasaan makan yang mirip dengan orang Indonesia. Mereka biasanya menyantap makanan langsung menggunakan tangan, cara makan tradisional ini sudah menjadi budaya yang ada sejak dulu di India. Hingga sekarang, masih banyak orang India yang makan dengan tangan, meskipun sudah tak berada di India.

Banyak yang mengklaim bahwa makan dengan tangan itu, membuat rasa makanannya jadi lebih enak. Banyak juga orang India yang memilih makan dengan tangan, karena mereka bisa mudah mencampur nasi, dengan lauk dan bumbu yang mereka inginkan.

Selain itu pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan, agar kuman dan bakteri tidak ikut tercampur ke dalam makanan. Sa,a dengan di Indonesia, orang India pun makan menggunakan tangan kanan. Makan dengan tangan kiri dianggap tidak sopan, dan tidak bersih. Budaya makan dengan tangan kanan ini juga berlaku di semua negara-negara Timur Tengah.

3. Iran
Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Iran merupakan salah satu negara di wilayah Timur Tengah, yang punya beragam kuliner enak. Tapi banyak yang belum mengetahui, bahwa makan langsung menggunakan tangan di Iran, bukan lah hal yang biasa mereka lakukan. Malah terbilang aneh.

Hal ini disebabkan oleh roti yang biasanya menjadi salah satu makanan pokok di sana. Biasanya roti ini akan disantap dengan berbagai hidangan, seperti sup, kari, langsung menggunakan tangan. Tapi Anda tidak diperbolehkan untuk menjilat atau menaruh jari Anda, ke dalam mulut ketika sedang menyantap makanan, karena dianggap tak sopan.

Selain itu di Iran juga punya budaya makan ketika musim panas. Di mana biasanya orang Iran akan makan banyak saat jam makan siang, di musim panas, kemudian beristirahat selama beberapa jam untuk menghilangkan rasa panas. Sehingga banyak restoran, kafe, hingga tempat perbelanjaan yang tutup di siang hari.

4. Jepang
Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Sebagai salah satu negara maju di Asia yang terkenal di dunia, Jepang punya banyak budaya makan yang berbeda dengan negara lainnya. Seperti hadirnya oshibori, atau handuk hangat untuk membersihkan tangan sebelum makan. Selain itu sudah menjadi kebiasaan orang Jepang untuk menyebut 'itadakimasu', yang memiliki arti "saya dengan rendah hati menerima".

Tak hanya itu, jika di negara lain mengeluarkan suara saat mengunyah atau menyuap makanan dinilai tidak sopan. Tapi di Jepang, malah dianjurkan untuk membuat suara ketika menyeruput kuah, sup, atau mie. Hal ini sudah menjadi kebiasaan yang ada sejak dulu.

Di Jepang, menyeruput mie dengan suara sekeras mungkin, merupakan bentuk pujian untuk rasa makanan yang enak. Selain itu, menyeruput ramen, sup, atau makanan berkuah lainnya dapat meningkatkan cita rasa dari makanan itu sendiri.

5. Korea Selatan
Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Gudangnya K-Drama dan K-Pop ini jadi salah satu destinasi berlibur yang populer, terutama di Indonesia. Bagi yang sering menyaksikan Korean Drama (K-Drama), pasti pernah melihat adegan makan, orang yang muda akan menunggu orang yang lebih tua untuk makan lebih dulu, sebagai bentuk rasa hormat.

Hal ini ternyata sudah menjadi budaya makan yang ada di Korea sejak dulu. Di Korea Selatan, menghormati orang yang lebih tua merupakan elemen penting dalam berkomunikasi. Sebelum memulai makan dengan keluarga atau kolega, orang Korea akan memastikan bahwa orang tua, hingga senior mereka makan lebih dulu. Baru setelah itu mereka akan makan.

Tak seperti di China dan Jepang, yang menganggap bahwa mengangkat mangkuk nasi atau piring ketika makan sebagai hal yang kurang sopan. Di Korea Selatan, Anda harus memegang mangkuk atau gelas dengan kedua tangan, saat menerima makanan atau minuman dari orang lain, terutama dari orang yang lebih tua.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Ini Kebiasaan Makan yang Berbeda di 5 Negara, India hingga Jepang"