Hagia Sophia

16 July 2023

Es Krim Ini Miliki Motif yang Terinspirasi dari Ubin Kuil Buddha Thailand

Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha


Kreasi es krim berbentuk unik ini menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, es krim tersebut punya bentuk yang terinspirasi dari ubin kuil Budha di Thailand. Begini bentuknya!

Tidak kalah dengan Jepang, Thailand juga memiliki beragam kuliner menarik. Mungkin biasanya makanan Thailand terkenal ekstrem dan nyeleneh, tetapi kuliner ini turut mendapat perhatian positif karena bentuknya yang unik dan cantik.

Kuliner tersebut berupa es krim segar yang bentuknya terinspirasi dari pola ubin pagoda di kuil Buddha Thailand. Es krim ini ukurannya kecil dan dicetak di atas stik kayu es krim. Bentuk dasarnya kotak, tetapi ada tambahan bentuk bintang yang didalamnya terukir cantik bunga, ciri khas ubin pagoda di kuil.

Es krim unik itu tersedia dalam dua warna dan rasa. Salah satu eskrimnya punya warna cokelat muda dengan rasa spesial Thai milk tea. Sedangkan, es krim lain berwarna biru muda pastel dengan rasa bunga telang (butterfly pea) bercampur susu kelapa, lapor reuter.com (12/07).

Kreasi es krim tersebut tentunya menarik perhatian banyak orang. Terutama, para wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Thailand.

Es krim ini memilliki dua macam rasa, warna cokelat dan biru. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha

Es krim ini juga dijual di sekitaran area kuil populer di Thailand, yaitu Wat Arun. Tidak heran kalau banyak pembeli yang langsung mengambil gambar es krim dengan latar belakang Wat Arun yang cantik.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau. Jajanan segar di Thailand itu dijual dengan harga 89 Baht atau sekitar Rp 34 ribu per buah.

Orang-orang pun mengabadikan foto es krim ini dengan latar belakang Wat Arun.Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha

Menariknya, es krim ini rupanya dijual dengan tujuan mulia. Penjual es krim di Thailand itu mengungkap penghasilannya akan langsung disumbangkan ke edukasi masyarakat Buddha, sekaligus untuk keperluan medis mereka.

Beberapa pembeli lokal tertarik membelinya karena bentuknya yang berbeda dan cantik. Seorang netizen bernama Duangkamon Koedthong mengungkap, "Itu berbeda dan cantik."

Netizen lain juga mengomentari desain es krimnya yang terbilang sangat kreatif. Netizen bernama Sirinya Hanpachearnchoak itu senang kalau warisan budaya Thailand akhirnya bisa dipresentasikan dengan cara berbeda.

Pasalnya ia sempat mengungkap, "Thailand sangat kaya dengan warisan budayanya, tetapi itu belum pernah dipresentasikan atau dilihat dari perspektif baru."

Sirinya menganggap, identitas kuil yang berada pada es krim ini bisa membuat orang lagi menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengetahui detail pagoda (Menara kuil), daripada sebaliknya.

Es krim yang disebut sebagai 'The Flower of Dawn' itu juga menjadi sangat populer di kalangan turis. Dengan kreasi es krim ini, para turis pun bisa sekaligus mengenal budaya Thailand.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Keren! Motif Es Krim Thailand Ini Terinspirasi Ubin Kuil Buddha"