Hagia Sophia

17 August 2023

Peringatan HUT RI ke-78: Warga Diminta Berdiri Tegap Pukul 10.17 WIB

Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)

Pemerintah mengimbau masyarakat menghentikan sejenak aktivitasnya pada pukul 10.17-10.20 WIB, 17 Agustus 2023 hari ini. Masyarakat diminta berdiri tegap saat lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dikumandangkan.

Imbauan itu tertuang Surat Edaran Mensesneg RI pada 8 Agustus 2023 sebagaimana salinannya dilihat detikcom pada Rabu (16/8/2023). Imbauan agar masyarakat berdiri tegap itu ada di poin nomor 7. Berikut isinya:

Pada tanggal 17 Agustus 2023, pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB, segenap masyarakat Indonesia diimbau menghentikan aktivitasnya sejenak, untuk:

a. Berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah, pada saat pengibaran Bendera Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka.
b. Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.
c. Jajaran TNI dan Polri di setiap daerah agar membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut di daerahnya masing-masing, antara lain dengan memperdengarkan sirine atau suara penanda lainnya sesaat sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

Seperti diketahui, Istana Negara siap menggelar upacara peringatan HUT ke-78 RI. Kegiatan tahun ini menjadi yang pertama setelah Indonesia resmi keluar dari status pandemi COVID-19.

"Jadi tentunya kami Setpres mengharapkan peringatan ini akan dilaksanakan secara besar-besaran dan juga kami berharap masyarakat juga melaksanakan upacara ini dengan kemeriahan, kegembiraan," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/8).

Bey berharap masyarakat turut hadir memeriahkan peringatan HUT RI. Istana telah menyiapkan hiburan yang akan membuat para undangan berdendang.

"Masyarakat juga diharapkan turut hadir sehingga menambah kegembiraan, keceriaan. Dan pada upacara pagi tentunya ada hiburan yang kita berharap para undangan dan masyarakat yang ada di mana pun turut berdendang, turut merasakan kegembiraan. Dan pada sore harinya, acara akan dimulai dengan hiburan dulu. Lalu akan ada penurunan bendera. Jadi kami harap tahun ini kita rayakan bersama HUT RI ke-78 ini dengan lebih meriah, dengan suasana keceriaan dan kegembiraan," ujar Bey.


























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "HUT Ke-78 RI, Masyarakat Diminta Berdiri Tegap Pukul 10.17 WIB"