Hagia Sophia

17 August 2023

Peringatan HUT RI ke-78: Jokowi Pakai Baju Adat Jawa dan Iriana Gunakan Baju Adat Bali

Iriana Jokowi joget saat saksikan atraksi Gemu Fa Mi Re dance helikopter. (dok. tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Ibu Negara Iriana memakai baju adat Bali dalam perayaan upacara HUT ke-78 RI. Baju adat ini memiliki ciri khas kebaya.

Pantauan detikcom di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023), Iriana tampak memakai baju dengan warna hijau dibalut hiasan emas. Tampak lengkap pula hiasan di kepala.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan, dalam perayaan HUT RI kali ini, pihaknya hendak memperlihatkan keberagaman Indonesia. Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari para tamu undangan mengenakan berbagai macam baju adat khas daerah.

"Seperti yang kita lihat di Istana keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai," kata Jokowi.

Jokowi menekankan kekuatan RI adalah keberagaman. Menurutnya, apabila dipersatukan, keberagaman ini akan menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia.

Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka ini bisa disaksikan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023). Kali ini Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.


























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Iriana Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Upacara HUT RI di Istana"