Hagia Sophia

17 August 2023

Hasil Pemeriksaan Pria Inggris yang Tenggorokannya Pecah Karena Nahan Bersin

Ilustrasi bersin. (Foto: Getty Images)

Kasus seorang pria di Inggris kembali disorot media. Diketahui, pria berusia 34 tahun itu cedera parah setelah dengan sengaja menahan bersin yang cukup kencang.

Awal mula kasus ini terjadi karena kebiasaan pria yang tidak disebutkan identitasnya itu yang selalu berusaha menahan bersin. Menurutnya, sangat tidak higienis jika percikan bersin itu terlepas ke udara atau ke wajah seseorang.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di Jurnal Medis BMJ Case Report pada 2018 lalu, pria itu sudah menahan bersin selama 30 tahun terakhir atau lebih.

"Tapi, kali ini yang terjadi berbeda dari biasanya," kata penulis laporan kasus Dr Wanding Yang dari departemen telinga, hidung dan tenggorokan di University Hospitals of Leicester NHS Trust.

Menurut laporan, saat kejadian pria 34 tahun itu bersin sangat 'kuat'. Seperti biasanya, ia menutup mulut dan mencubit hidungnya. Namun, ia merasakan ada sensasi letupan di lehernya.

Pria itu tidak langsung menyadari adanya masalah. Tetapi, setelah beberapa jam dia merasakan sakit di tenggorokan dan lehernya.

Lehernya juga membengkak dan suaranya mulai berubah. Menyadari itu, dia langsung pergi ke rumah sakit.

Hasil Pemeriksaan

Saat awal pemeriksaan, dokter melihat pembengkakan di lehernya. Ketika mereka memeriksa jaringan lunaknya, terdengar suara pecah dan berderak. Hal tersebut menandakan adanya gelembung udara yang masuk ke otot pria tersebut dan jatuh ke dalam jaringannya.

Tim medis langsung melakukan pemindaian untuk mengetahui masalah utamanya. Hasil pemeriksaan menunjukkan garis-garis udara yang sebenarnya ada di area retropharyngeal dan emfisema bedah yang luas, di leher anterior ke trakea. Dengan kata lain, saat mencoba menahan bersinnya, pria itu membuat lubang kecil di tenggorokannya.

"Untungnya, itu adalah perforasi yang sangat kecil. Dia tidak membutuhkan operasi apapun," jelas Dr Yang yang dikutip dari CNN.

Menurut laporan tersebut, cedera bersin seperti ini tidak biasa. Dokter biasanya melihat luka serupa pada pasien yang batuk berat atau setelah muntah dengan paksa.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Tenggorokan Pria Inggris Pecah gegara Sengaja Tahan Bersin"