Hagia Sophia

24 September 2023

Beberapa Manfaat Morning Coffee untuk Kesehatan Tubuh

Foto ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Bagi beberapa orang, hari tak akan lengkap jika tidak dimulai dengan secangkir kopi pagi hari. Tak heran. Kopi memang dikenal akan kemampuannya untuk meningkatkan fokus dan energi. Walhasil, banyak orang bergantung pada secangkir kopi untuk memulai hari dengan semangat.

Selain efek pemberi energi, kopi telah dikaitkan dengan berbagai potensi manfaat kesehatan untuk tubuh. Dikutip dari Healthline, berikut penjelasannya:

1. Membangunkan dan meningkatkan energi
Siapa pun yang pernah meminum secangkir kopi pasti tahu betapa berenerginya minuman ini. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa minum kopi akan membantu seseorang merasa lebih segar dan siaga daripada biasanya.

Kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal dengan kemampuannya untuk mengubah tingkat neurotransmiter tertentu di otak sehingga dapat melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

2. Membantu menurunkan berat badan
Kafein yang terkandung dalam kopi telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk manajemen berat badan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik. Walhasil, kopi dapat membantu mengendalikan berat badan dan berkaitan dengan penurunan lemak tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak
Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi dari gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Selain itu, beberapa penelitian lainnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan rendahnya risiko demensia dan penurunan kognitif.

4. Mencegah risiko penyakit liver
Kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit seputarnya. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat luka parut hati dan kanker hati yang lebih rendah pada pengidap gangguan liver.

Penelitian lain menunjukkan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15 persen lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71 persen lebih rendah.

5. Menurunkan risiko depresi
Minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Menurut satu tinjauan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari berhubungan dengan 8 persen risiko depresi yang lebih rendah.

Bahkan, sebuah penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

Meskipun banyak penelitian yang menunjukkan manfaat minum kopi bagi kesehatan, beberapa orang perlu membatasi konsumsinya, termasuk ibu hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Namun, minum kopi dalam jumlah sedang, sekitar tiga hingga empat cangkir per hari, telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan dan umumnya dianggap aman untuk sebagian besar orang dewasa.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Cuma Bikin Melek, Begini 5 Manfaat Morning Coffee Buat Tubuh"