Hagia Sophia

24 September 2023

Kapankah Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Foto ilustrasi: Gabin Vallet/Unsplash

Olahraga adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Tapi apakah Anda tahu berolahraga di jam tertentu bisa memberikan dampak yang lebih dahsyat?

Hal ini diungkap lewat sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Obesity. Studi tersebut mengungkapkan berolahraga di jam 07.00-09.00 pagi hari memberikan hasil yang lebih efektif dalam memangkas berat badan.

Asisten profesor peneliti dari Hong Kong Polytechnic University, Tongyu Ma, menjelaskan berolahraga di pagi hari sebelum sarapan berpotensi lebih efektif dalam memangkas berat badan jika dibandingkan berolahraga di waktu lainnya.

"Saran yang bisa saya simpulkan dari penelitian ini adalah jika kita memilih untuk berolahraga di pagi hari, sebelum makan, kita berpotensi menurunkan lebih banyak berat badan dibandingkan ketika berolahraga di waktu lainnya," ujar Tongyu Ma yang juga selaku peneliti utama dalam riset tersebut, dikutip dari NBC, Kamis (21/9/2023).

Dalam studi yang dilakukan, Ma dan timnya meneliti kebiasaan makan dan pola hidup dari lebih dari 5.200 orang dewasa yang berusia 20 tahun ke atas. Pada studi tersebut, subjek diminta mengenakan alat ukur akselerometer untuk merekam tingkat aktivitasnya.

Dari data yang dikumpulkan, para peneliti menemukan orang-orang yang berolahraga di pagi hari memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih kecil dibanding mereka yang berolahraga di siang atau sore hari.

Ma menuturkan berolahraga di pagi hari, apalagi sebelum sarapan, membantu untuk membakar lebih banyak lemak tubuh.

"Karena orang tidak makan saat sedang tidur, sehingga berolahraga sebelum sarapan malah bisa membantu membakar lemak ketimbang karbohidrat. Manfaat yang dirasakan juga bertahan berjam-jam lebih lama setelah selesai berolahraga," jelas Ma.

Di sisi lain, profesor fisiologi olahraga, kedokteran dan nutrisi dari McGill University di Kanada, Ross Andersen, mengatakan ada faktor psikologis yang membuat olahraga di pagi hari lebih optimal.

"Mudah sekali mencari alasan untuk tidak merawat diri dan mengatakan 'Saya tidak akan berolahraga hari ini karena saya terlalu sibuk dan ada hal penting yang harus dilakukan'. Tapi jika olahraga menjadi hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari, hal ini nantinya bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari," terangnya.

Sementara, asisten profesor kinesiologi dari University of British Columbia, Cameron Mitchell, mengatakan olahraga pagi dapat membantu mengatur ulang jam molekuler tubuh yang berperan dalam metabolisme. Ia menjelaskan beberapa studi sudah membuktikan kalau berolahraga dapat mengembalikan jam tersebut ke ritme normal, yang mana meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Studi Ungkap Waktu Olahraga Terbaik untuk Pangkas Lemak, Ternyata di Jam Ini"