Hagia Sophia

24 September 2023

Liga Italia: Sassuolo Tumbangkan Juventus 4-2

Berardi (kanan) turut mencetak gol ke gawang Juventus. Foto: REUTERS/ALBERTO LINGRIA

Juventus tumbang 2-4 dari Sassuolo di pekan kelima Serie A musim ini. Bianconeri tak pernah unggul sejak awal laga dan dihukum sejumlah blunder fatal.

Bermain di Mapei Stadium, Sabtu (23/9/2023), tuan rumah memimpin lebih dulu di menit ke-13 lewat tembakan Armand Lauriente, namun disamakan Juventus delapan menit berselang via gol bunuh diri Matias Vina.

Domenico Berardi membawa tuan rumah kembali unggul jelang babak pertama usai, namun tembakan Federico Chiesa di menit ke-78 mengubah skor menjadi 2-2. Saat Juventus merasa mendapat momentum bangkit, Sassuolo memberi hukuman.

Sundulan Andrea Pinamonti dan gol bunuh diri Federico Gatti memastikan Sassuolo menang 4-2. Hasil ini membuat Juventus gagal naik ke puncak klasemen dan tertahan di urutan empat dengan 10 poin. Sassuolo naik ke urutan 11 dengan enam poin.

Jalannya pertandingan

Juventus mengancam lewat sundulan Adrien Rabiot di menit ke-3 usai menerima umpan silang Federico Chiesa, namun melambung di atas gawang. Gelandang Prancis itu kembali mendapat peluang lima menit berselang, namun tembakan jarak jauhnya melebar.

Meski mengambil inisiatif menyerang, Juventus justru kebobolan lebih dulu di menit ke-13. Tembakan jarak jauh Armand Lauriente gagal ditepis dengan baik oleh kiper Bianconeri, Wojciech Szczesny dan masuk ke gawang sendiri.

Namun Juventus segera bangkit dan sukses menyamakan skor di menit ke-21. Umpan silang Chiesa ke arah Weston McKennie di kotak penalti coba diblok oleh bek Sassuolo, Matias Vina, namun bola malah meluncur masuk membobol gawang Alessio Cragno.

Sassuolo kembali mendapat peluang bagus di menit ke-34, namun tembakan Domenico Berardi di kotak penalti berhasil diamankan Szczesny. Sundulan Ruan Tressoldi empat menit kemudian juga mampu digagalkan kiper Polandia tersebut.

Namun Szczesny tak kuasa menahan tembakan first time Berardi di menit ke-41, yang berawal dari kesuksesan Matheus Henrique memotong umpan Federico Gatti, sehingga menjadi serangan balik. Skor 2-1 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Juventus baru sukses menyamakan skor di menit ke-78. Umpan silang Timothy Weah dari sisi kanan dihalau Martin Erlic, namun bola liar mampu dikuasai Nicolo Fagioli yang kemudian memberi umpan pada Chiesa yang berdiri bebas.

Tembakan keras penyerang 25 tahun itu sempat membentur pemain Sassuolo berbelok ke sudut kiri gawang tanpa bisa dihalau Cragno. Skor menjadi 2-2, namun hanya bertahan tiga menit saja.

Berawal dari tembakan Lauriente yang berhasil ditepis oleh Szczesny, Andrea Pinamonti menyambar bola tepisan itu dengan sundulan yang meluncur mulus ke gawang Juventus. Tuan rumah, untuk ketiga kalinya, kembali unggul 3-2.

Juventus berupaya menyamakan skor di sisa waktu, namun justru kembali kebobolan di injury time. Gatti yang menerima umpan Szczesny mendapat tekanan dari Henrique hingga akhirnya salah mengumpan dan mengirim bola masuk ke gawang sendiri.

Susunan pemain

Sassuolo: Alessio Cragno, Jeremy Toljan, Martin Erlic, Ruan Tressoldi (Mattia Viti 46'), Matias Vina (Gian Marco Ferrari 90+1'), Matheus Henrique, Daniel Boloca, Domenico Berardi, Nedim Bajrami (Samu Castillejo 85'), Armand Lauriente (Marcus Pedersen 85'), Andrea Pinamonti (Gregoire Defrel 85').

Juventus: Wojciech Szczesny, Danilo, Bremer, Federico Gatti, Filip Kostic (Samuel Iling-Junior 46'), Adrien Rabiot, Manuel Locatelli (Arkadiusz Milik 84'), Fabio Miretti (Nicolo Fagioli 46'), Weston McKennie (Timothy Weah 60'), Dusan Vlahovic (Moise Kean 76'), Federico Chiesa.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Sassuolo Vs Juventus: Bianconeri Tumbang 2-4"