Hagia Sophia

03 September 2023

Gendang Telinga Pria Ini Pecah Saat Ciuman dengan Pacar

Foto: ilustrasi/thinkstock

Seorang pria di China mengalami gendang telinga pecah saat tengah berciuman selama 10 menit dengan pasangannya. Pria tersebut dilaporkan tengah berkencan romantis dengan pacarnya di samping Danau Barat di provinsi Zhejiang Timur pada 22 Agustus 2023.

Dikutip dari South China Morning Post, saat berciuman, pria tersebut mengaku mendengar suara 'menggelegak' dan merasakan sakit di telinga kirinya. Imbas hal tersebut pria itu mengaku tak dapat mendengar dengan baik.

Pasangan itu pun langsung bergegas ke rumah sakit. Saat dicek, dokter menemukan gendang pria tanpa disebutkan namanya itu berlubang. Ia juga diberitahu bahwa dibutuhkan waktu dua bulan untuk pulih.

Dokter mengatakan, ciuman penuh gairah dapat menyebabkan perubahan cepat pada tekanan udara di dalam telinga. Hal ini, ditambah dengan pernapasan yang berat dari pasangannya, menyebabkan ketidakseimbangan yang menyebabkan tusukan pada telinga.

Adapun kasusnya ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Bulan lalu, hal yang sama terjadi pada sepasang suami istri. Mereka awalnya dilaporkan tengah menonton TV di rumah di provinsi Guangdong, Tiongkok selatan.

Selain berciuman, perilaku lain yang mungkin menyebabkan gendang telinga berlubang antara lain berkelahi, kecelakaan lalu lintas, menyelam, dan terbang.

Bagi sebagian besar pasien, penyebab pecahnya penyakit tersebut adalah timpanitis, menurut dr Zhang Jun, seorang dokter dari departemen Telinga hidung tenggorokan (THT) yang berpraktik di RS Kehutanan Mudanjiang di timur laut provinsi Heilongjiang, China.

Dalam kasus yang tidak terlalu serius, pemberian antibiotik dan menjaga telinga tetap kering dapat mengatasi masalah tersebut. Namun pada contoh perforasi yang lebih ekstrem, diperlukan pembedahan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngeri, Gendang Telinga Pria di China Ini Pecah saat Berciuman dengan Pacar"