Hagia Sophia

03 September 2023

Manfaat Daun Sirih Merah, dari Menjaga Kesehatan Mulut Hingga Pencernaan

Foto: Istimewa

Daun sirih merah merupakan salah satu tanaman sudah lama dikenal berkhasiat untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Sesuai namanya, sirih ini memiliki daun berwarna merah keperakan dan mengkilap saat terkena cahaya.

Meski rasanya pahit, daun sirih merah memberikan banyak manfaat kesehatan untuk manusia. Yuk, ketahui apa saja manfaat dari tanaman ini.

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah dapat mengobati berbagai penyakit dalam seperti diabetes melitus hingga kulit dan rongga mulut. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Membantu Mengobati Diabetes Melitus
Mengutip repository Poltekkes, daun sirih merah mengandung flavonoid yang dapat membantu proses sekresi atau produksi insulin dalam pankreas. Flavonoid yang terdapat dalam sirih merah membantu penyerapan gula dalam darah, terutama untuk Diabetes Mellitus Tipe 1.

Selain itu, kandungan flavonoidnya juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Apabila sensitivitas insulin meningkat, maka akan membantu penderita diabetes tipe 2 yang mengalami resistensi insulin.

2. Membantu Mengatasi Biang Keringat
Daun sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat akibat histamin yang terkumpul dalam kulit. Caranya, rebus daun sirih merah bersama kunyit dan sambiloto. Setelah dingin jadikan air rebusan untuk mengompres kulit yang mengalami inflamasi.

3. Membantu Mengurangi Gejala Keputihan
Pada sebuah penelitian, ekstrak etanol daun sirih merah bisa mengurangi gejala keputihan fisiologis. Salah satu penyebab dari kondisi ini adalah bakteri Staphylococcus aureus.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Gigi
Mengutip website Desa Dengok Kabupaten Gunungkidul, kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkaloid dan senyawa fenolik di daun sirih merah dipercaya bisa menghilangkan karies gigi. Sifat yang dimiliki minyak atsiri juga mampu mengurangi peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri dalam karang gigi.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Sirih merah sangatlah efektif dalam mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas berbahaya. Selain itu, daun sirih bisa menormalkan kembali pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung dan sakit karena perut kembung.

6. Membantu Mengatasi Jerawat
Sirih merah juga bisa mengatasi jerawat. Saat jerawat, kondisi kulit menghasilkan kelenjar minyak berlebih yang kemudian bercampur dengan polutan. Cara menggunakan daun sirih merah untuk atasi jerawat yaitu giling 10 lembar daun sirih merah, tapi jangan sampai halus. Kemudian seduh dengan air panas. Tunggu sampai dingin dan oleskan pada wajah yang berjerawat.

7. Menghaluskan Kulit
Menurut buku Khasiat Jitu Daun Kelor dan Sirih Merah Tumpas Penyakit, daun sirih merah bisa menjadi ramuan untuk menghaluskan kulit secara sederhana. Caranya,Iris dan rebus 5 lembar daun sirih merah, 7 lembar daun murbei, 3 jari temu giring, 30 gr ginseng talinum, 1 buah mengkudu dan wortel dua jari.

Setelah dingin, tambahkan 200 gram tepung ketan, 3 tetes minyak esensial, perasan jeruk nipis dan 2 sendok teh minyak zaitun dan madu. Campur dan blender semua bahan tersebut. Lulur siap digunakan.

8. Membantu Mengobati Penyakit Prostat
Manfaat lainnya dari daun sirih merah adalah mengobati penyakit prostat. Mengutip laman STIKES Sehati Medan, tumbuhan herbal ini memiliki kandungan antioksidan tanin dan saponin serta hydroxychavicol; yang diyakini bisa memperbaiki sel-sel kelenjar di prostat.

Meski begitu, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan daun sirih merah sebagai pengobatan alternatif untuk radang prostat/

9. Membantu Mengobati Batuk
Daun sirih merah juga memiliki manfaat untuk mengobati batuk. Cara membuat ramuannya yaitu rebus lima lembar daun sirih merah, dua daun bidara. Saring air rebusan, tambahkan madu secukupnya.

Itulah sejumlah manfaat dari daun sirih merah untuk kesehatan. Semoga informasi ini membantumu ya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Daun Sirih Merah, Menjaga Kesehatan Rongga Mulut hingga Pencernaan"