Hagia Sophia

03 September 2023

Starlink Tidak Bisa Sediakan Akses Internet Secara Langsung ke Pelanggan di Indonesia

Ilustrasi satelit internet Starlink milik Elon Musk mau masuk wilayah Indonesia. Foto: Space.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa Starlink milik Elon Musk tidak bisa menyediakan akses internet langsung ke pelanggan. Operator seluler seperti XL Axiata hingga Indosat Ooredoo Hutchison bisa menjalin kerja sama dengan SpaceX.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan Starlink yang merupakan satelit Low Earth Orbit (LEO) ini perusahaan asing, sehingga tidak bisa berjualan ke pasar ritel.

"Starlink masuk ke Indonesia itu harus bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dalam negeri. Jadi, kalau masuk harus ikut peraturan, bisa juga bermitra dengan XL maupun Indosat," ujar Usman kepada detikINET.

Sebelumnya, Starlink sudah menjalin kerja sama dengan Telkomsat untuk menjadikan satelit internet itu jadi backhaul dari layanan anak perusahaan Telkom tersebut. Skema yang terjalin business to business (B2B), tidak business to constumer (B2C).

Lebih lanjut, kata Usman, bahwa Pemerintah Indonesia tidak bisa mencegah perusahaan global untuk menjalankan usaha di Indonesia. Namun dengan aturan yang ada saat ini, perusahaan global tersebut dalam berkolaborasi dengan perusahaan dalam negeri.

"Tidak benar (mematikan bisnis operator dalam negeri) karena mereka harus bermitra, justru menciptakan peluang karena bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dalam negeri," ungkap Usman.

Disampaikan Usman, Kominfo sejauh ini belum mengetahui sudah sejauh mana perkembangan penjajakan Starlink yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menghadirkan akses internet di Indonesia timur.

Diberitakan sebelumnya, dalam pertemuan antara Luhut dan Elon Musk, Starlink berpotensi untuk masuk wilayah Indonesia untuk membantu ketersediaan akses internet di wilayah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur telekomunikasi di daratan.

"Kami juga berdiskusi terkait ketertarikan Elon untuk bekerjasama membangun jaringan internet murah di timur Indonesia lewat satelit Starlink-nya yang populer itu," ujar Luhut dalam postingan akun Instagram miliknya belum lama ini.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Starlink Masuk Indonesia Bisa Duet dengan Operator Seluler Lokal"