Hagia Sophia

28 October 2023

Berbagai Jamu Kuat untuk Nambah Stamina Pria

Foto: iStock

Jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari akar-akaran, daun-daunan, dan lain sebagainya. Jamu umumnya dikonsumsi dengan cara diminum.

Nah, ada sejumlah jenis jamu yang dikonsumsi masyarakat, salah satunya jamu kuat. Jamu yang satu ini banyak dikonsumsi kaum pria agar tahan lama saat berhubungan seksual di ranjang.

Selain itu, jamu kuat juga memiliki sejumlah manfaat lainnya, seperti memberi stamina lebih hingga mencegah ejakulasi dini. Tapi, detikers jangan sampai minum jamu sembarangan karena berisiko menimbulkan efek samping.

Lantas, apa saja jamu kuat untuk pria yang aman dikonsumsi? Simak daftarnya secara lengkap di bawah ini.

Jamu Kuat Pria yang Bikin Tahan Lama

Sebenarnya, sudah cukup banyak jamu kuat yang beredar di pasaran. Namun, detikers perlu tahu beberapa jamu kuat yang aman dikonsumsi.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut daftar jamu kuat yang aman dikonsumsi untuk para pria.

1. Ginseng
Rekomendasi jamu kuat untuk pria yang pertama adalah ginseng. Tumbuhan ini dianggap sebagai salah satu obat herbal yang mujarab, karena dapat meningkatkan vitalitas, umur panjang, hingga mengurangi stres.

Ginseng mengandung ginsenosides yang dapat meningkatkan konsentrasi testosteron. Dari sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa ginseng turut mengatasi disfungsi ereksi dan masalah kesuburan pria.

2. Tongkat Ali
Mengutip situs Genesis Lifestyle Medicine, tongkat ali dapat digunakan sebagai jamu kuat bagi pria. Sebab, tanaman langka ini dipercaya dapat meningkatkan testosteron serta mengatasi disfungsi ereksi. Maka jangan heran kalau tongkat ali kerap dijadikan suplemen bagi pria.

3. Akar Maca
Akar maca atau maca root adalah tanaman herbal yang memiliki sejumlah manfaat, salah satunya meningkatkan gairah seksual. Selain itu, akar maca juga berkhasiat meningkatkan stamina, energi, meningkatkan imun tubuh, hingga mengatasi disfungsi ereksi.

4. Ashwagandha
Bagi detikers yang belum tahu, ashwagandha adalah tanaman herbal dari India yang banyak digunakan sebagai obat herbal. Sebab, tanaman ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan, memperkuat daya tahan tubuh, hingga mengobati infertilitas pria.

Ashwagandha juga banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati disfungsi ereksi, oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), hingga berbagai masalah kesehatan reproduksi pria lainnya.

5. Tribulus
Dilansir situs Take Care Of, tribulus merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satu manfaat tribulus yang paling terkenal adalah dapat meningkatkan kadar testosteron.

Selain itu, tribulus juga dapat mengatasi sejumlah masalah reproduksi, seperti spermatorrhea, impotensi, hingga sistitis. Tak hanya bermanfaat bagi pria, tanaman ini juga dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita.

6. Mondia Whitei
Mondia whitei yang dikenal sebagai jahe putih sangat populer di Uganda. Perlu diketahui bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan libido dan memperbanyak jumlah sperma.

Tak hanya itu, tanaman ini juga diyakini mampu meningkatkan hasrat seksual, kadar testosteron, motilitas sperma, memproduksi oksida nitrat, dan mencegah disfungsi ereksi.

7. Gingko Biloba
Tanaman yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke penis serta mengembalikan fungsi ereksi menjadi normal setelah menjalani operasi kanker prostat. Gingko biloba juga dapat digunakan sebagai obat antidepresan.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa gingko biloba juga efektif mencegah disfungsi ereksi pada pria karena menjalani pengobatan tertentu.

8. Fenugreek
Fenugreek adalah tanaman herbal yang bentuknya sekilas mirip daun semanggi. Tanaman ini sudah dikenal sejak lama sebagai obat herbal karena memiliki banyak khasiat, salah satunya meningkatkan libido.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi 600 mg fenugreek selama enam minggu mengalami peningkatan gairah seksual.

9. Horny Goat Weed
Rekomendasi jamu kuat herbal untuk pria yang terakhir adalah horny goat weed atau disebut juga rumput tanduk kambing. Tanaman herbal ini banyak tumbuh di China dan sudah sejak lama dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual.

Selain itu, horny goat weed juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan mencegah disfungsi ereksi. Sayangnya, masih sedikit bukti ilmiah konkret yang menunjukkan kebenaran khasiat horny goat weed.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Jamu Kuat untuk Pria yang Aman Dikonsumsi, Bikin Tahan Lama!"