Hagia Sophia

28 October 2023

Celine Dion Dikabarkan Depresi dan Pakai Kursi Roda Akibat Idap Stiff Person Syndrome

Celine Dion. (Foto: Getty Images)

Celine Dion masih berjuang melawan peyakit langka Stiff Person Syndrome (SPS). Kondisi itu harus membuatnya istirahat dan membatalkan konsernya beberapa waktu lalu.

Belum lama, penyanyi berusia 55 tahun itu dirumorkan mengalami depresi dan harus menggunakan kursi roda. Beredar kabar, kondisi mental tersebut terjadi akibat penyakit langka yang diderita Dion.

Namun, kabar tersebut ditepis adik Celine, Claudette Dion. Menurutnya, Celine adalah orang yang kuat dan mampu melewati penyakitnya itu.

"Saya tahu bahwa secara moral, mental, dia kuat. Dia tidak depresi sama sekali... dia benar-benar menikmati hidup. Kami akan melewati ini," ungkap Claudette yang dikutip dari Toronto Sun, Jumat (27/10/2023).

"Mengapa mereka mengatakan dia menggunakan kursi roda dan menderita kanker?," sambungnya.

Claudette mengatakan saat ini Celine sedang dalam masa pemulihan di Denver. Menurutnya, kakaknya itu mengikuti rangkaian perawatan dari dokter dengan baik.

Menurutnya, Celine bisa segera kembali dan bernyanyi seperti sebelumnya. Ia yakin itu bisa terjadi.

Sebelumnya, Celine sempat mengalami kejang yang tidak bisa dikendalikan. Namun, Claudette mengatakan keluarganya hanya bisa menemani dan menyemangati dia dengan harapan bisa meringankan rasa sakitnya.

"Ada kejang, yang tidak mungkin dikendalikan," kata Claudette pada Hello! bulan lalu.

"Tahukah Anda orang yang sering terbangun di malam hari karena kram kaki atau betis? Agak seperti itu, tapi di semua otot. Tidak banyak yang bisa kami lakukan untuk mendukungnya, untuk meringankan rasa sakitnya," jelasnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, stiff person syndrome (SPS) atau sindrom orang kaku adalah kelainan neurologis autoimun yang langka. Hanya satu dari satu orang yang mengalami kondisi ini.

Orang dengan kondisi ini biasanya mengalami kekakuan otot di badan dan perut. Seiring waktu, mereka juga akan mengalami kekakuan dan kejang pada kaki dan otot lainnya. Berjalan mungkin menjadi sulit dan mereka menjadi lebih rentan jatuh dan cedera.

Gejala SPS ini bisa menyebar ke area lain di tubuh atau memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Ini bisa bertahan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Umumnya, gejalanya muncul secara perlahan, termasuk kekejangan atau kekakuan yang lebih parah. Hal itu bisa membatasi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Gejalanya meliputi kejang otot dan kekakuan otot.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Idap Stiff Person Syndrome, Celine Dion Dirumorkan Depresi-Pakai Kursi Roda"