Hagia Sophia

28 October 2023

Sakit Kepala Juga Bisa Jadi Pertanda Stroke, Ini Cirinya

Foto ilustrasi: Getty Images/staticnak1983

Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa mengancam jiwa. Sebab, penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba, tanpa menunjukkan tanda atau gejala dalam waktu lama sebelum serangan stroke benar-benar terjadi.

Namun, pada beberapa kasus gejala stroke kerap tidak dikenali secara jelas. Bahkan gejala yang muncul bisa sangat umum, salah satunya sakit kepala. Pada beberapa kasus, sakit kepala stroke ini dianggap sebagai sakit kepala biasa sehingga penanganan tepat terhadap pasien stroke ini tak bisa dilakukan sesegera mungkin.

Sakit kepala parah yang muncul tiba-tiba bisa menjadi tanda dari stroke. Kondisi ini disebabkan aliran darah ke otak yang terganggu, hingga memicu sakit kepala.

Seperti Apa Sakit Kepala Akibat Stroke?

Dikutip dari Very Well Health, sakit kepala akibat stroke digambarkan sebagai sakit kepala yang sangat parah dan tidak bisa diabaikan. Itu terasa seperti pukulan keras dan cepat yang terjadi dalam hitungan detik atau menit.

Meski tidak selalu terjadi, penelitian menemukan bahwa banyak pasien mengalami sakit kepala sebelum mereka terkena stroke.

Lokasi sakit kepala yang muncul juga bergantung pada tempat stroke terjadi. Misalnya seperti:
  • Stroke yang dimulai pada arteri karotis (arteri utama di leher yang membawa darah ke otak) dapat menyebabkan sakit kepala di dahi.
  • Stroke pada sistem vertebrobasilar (yang memasok darah ke bagian belakang otak) dapat menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala.

Apa Bedanya Sakit Kepala Akibat Stroke dan Migrain?

Selain stroke, sakit kepala yang menyakitkan juga bisa disebabkan oleh migrain. Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan:

Sakit Kepala Stroke
  • Rasa sakitnya parah dan menyerang dengan cepat
  • Nyeri cenderung menetap
  • Bisa muncul tanpa ada gejala lain sebelumnya
Migrain
  • Rasa sakitnya datang secara bertahap
  • Nyeri cenderung berdenyut
  • Mungkin mengalami gejala sensorik tertentu sebelum nyeri menyerang, misalnya kulit kesemutan atau melihat kilatan cahaya





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sakit Kepala Bisa Jadi Tanda Serangan Stroke! Begini Ciri-cirinya"