Hagia Sophia

28 October 2023

Beberapa Makanan Ini Cocok untuk Diet Karena Rendah Lemak dan Karbohidrat

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Karbohidrat menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan segala aktivitas. Pasalnya, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa atau gula darah. Namun memang, jika asupannya berlebihan justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebagian besar orang yang menjalani diet memprioritaskan menu makanan yang rendah karbohidrat dan rendah lemak. Dikutip dari Very Well Fit, berikut beberapa makanan rendah karbohidrat dan rendah lemak:

1. Sayuran hijau
Pastinya sudah banyak yang paham, asupan sayuran hijau baik banget untuk orang-orang yang sedang diet menurunkan BB. Dengan minim kalori, sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral. Jadi aman deh untuk dimakan dalam porsi banyak!

2. Asparagus
Sayuran ini bisa menjadi makanan pilihan yang rendah karbohidrat dan hampir bebas dari kandungan lemak. Selain itu, asparagus juga rendah kalori dan memiliki vitamin A serta folat.

3. Dada ayam
Makanan rendah lemak yang menjadi sumber protein yang sangat baik, namun tergantung pada cara pembuatannya. Sebaiknya, hindari pengolahan dengan cara digoreng.

4. Buah beri
Buah beri seperti stroberi dan blueberry mengandung karbohidrat yang paling rendah. Buah beri juga rendah lemak dan kaya akan vitamin serta antioksidan.

5. Salmon
Salmon menjadi salah satu makanan juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Selain itu, salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk sistem kardiovaskular.

6. Tomat
Meski secara teknis tomat tergolong sebagai buah, namun banyak orang yang menganggapnya sebagai sayuran. Tomat yang lezat, secara alami rendah karbohidrat serta bebas kandungan lemak.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan Rendah Lemak dan Karbohidrat, Cocok buat Menu Diet Tanpa Nyiksa!"