Hagia Sophia

27 October 2023

Gejala Awal Radang Usus Buntu, Perut Kanan Bawah Terasa Sakit

Ilustrasi usus buntu. Foto: iStock

Radang usus buntu termasuk penyakit serius yang harus ditangani sesegera mungkin. Penyakit ini bisa memicu komplikasi yang berat dan bahkan kematian jika tak tertangani.

Belum lama ini viral curhatan seorang wanita di Depok yang mengaku kena radang usus buntu akibat diet ekstrem jelang menikah. Penyakitnya itu membuatnya harus rela menunda bulan madu.

"Berawal dari diet makan yang 'sehat-sehat'," tulis @ssshabrin di akun TikToknya dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Wanita bernama Shasa (23) ini mengatakan dia sempat mengalami sejumlah gejala sebelum akhirnya dirawat di rumah sakit karena usus buntu. Demam, menggigil sampai tak bisa BAB seminggu menjadi alarm baginya untuk segera ke rumah sakit.

"Jadi, menggigil yang parah setelah itu berhenti. Nanti jeda 2-3 jam itu menggigil lagi. Sebelumnya aku juga sudah seminggu nggak pup. Ngerasain mules tapi nggak bisa pup," ujarnya.

Terkait radang usus buntu, spesialis penyakit dalam dr Andi Khomeini Takdir, SpPD(K) mengatakan penyakit tersebut disebabkan oleh sumbatan saluran usus buntu akibat infeksi atau peradangan.

Penyebabnya usus buntu beragam, termasuk pola makan. Namun menurutnya diet ekstrem bukan satu-satunya pemicu radang usus buntu.

"Saya rasa kalo diet membatasi karbo aja nggak apa-apa. Yang jadi masalah itu adalah kurang air, kurang serat. Itu sih yang harus kita pikirkan, pola makan yang seperti itulah yang rentan terjadi masalah di pencernaan," tutur dokter yang akrab disapa dr Koko saat dihubungi detikcom, Kamis (26/10/2023).

Adapun gejala radang usus buntu yang harus diwaspadai menurut dr Koko yakni:
  • Sakit perut kanan bawah
  • Demam
  • Kehilangan kesadaran
  • Tekanan darah rendah
  • Tak bisa BAB (konstipasi)
"Sebenernya usus buntunya nggak bener-bener di kanan bawah, tapi 90 persen orang ya di area itu. Jadi, kalo ada yang keluhkan nyeri perut itu kami harus hati-hati," tandas dr Koko.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter soal Gejala Awal Radang Usus Buntu, Terbanyak Sakit Perut Kanan Bawah"