Hagia Sophia

27 October 2023

Beberapa Pantangan Makanan bagi Orang Jepang

Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Ingin memiliki umur yang panjang seperti warga Jepang? Kunci panjang umur yang dapat kamu ikuti adalah dengan menjalani gaya hidup sehat sambil dibarengi mengkonsumsi makanan bergizi.

Jepang terkenal sebagai rumah bagi orang-orang yang berumur panjang. Ada beberapa warganya yang hidup sampai usia 100 tahun ke atas. Di suatu wilayahnya, Jepang bahkan memiliki kawasan berzona biru yang penduduknya berusia sangat panjang dan sehat, yaitu Pulau Okinawa.

Dilansir situs Healthline, umur panjang yang dimiliki penduduk Okinawa disebutkan karena faktor genetik, lingkungan, serta gaya hidup. Namun, para ahli percaya bahwa pola makan adalah faktor yang paling berpengaruh.

Karena itu, kita dapat meniru pola makan warga Jepang sebagai upaya memiliki umur panjang. Baca artikel ini sampai selesai untuk temukan sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi agar panjang umur.

Makanan Pantangan bagi Orang Jepang

Dikutip dari laman CNBC, seorang ahli gizi asal Jepang bernama Michiko Tomioka menyebutkan beberapa makanan yang tak pernah ia makan agar memiliki umur panjang:

1. Daging Olahan
Menurut Michiko, daging olahan misalnya hot dogs memiliki kadar garam yang tinggi dan lemak jenuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan risiko kanker, seperti kanker kolorektal dan kanker payudara.

Sebagai alternatif, ia menganjurkan konsumsi tahu jika kamu ingin makanan tinggi protein serta rendah garam dan pengawet.

2. Makanan Cepat Saji
Fast food seperti hamburger mengandung lemak trans, lemak jenuh, serta tinggi garam yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, makanan ini disebut mampu membuat kamu mudah lelah dan kembung.

Jika kamu menginginkan burger, Michiko menyarankan burger yang terbuat dari patty tahu, bola nasi merah, dan edamame.

3. Minuman Manis
Konsumsi minuman manis seperti soda disebutkan berisiko lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2. Minuman dengan pemanis buatan juga mampu memicu migrain dan menghambat konsentrasi.

Menurut Michiko, kamu dapat mengkonsumsi minuman segar yang rendah kalori sebagai gantinya, seperti, teh hijau, matcha, maupun hojicha.

4. Sereal Manis
Sereal manis kerap jadi pilihan sebagian orang untuk sarapan di pagi hari. Tapi padahal, sereal mengandung kadar gula yang banyak sehingga bisa mengakibatkan masalah pada tekanan darah, berat badan yang bertambah, meningkatkan peradangan serta risiko diabetes.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa memakan hidangan Jepang seperti natto yang terbuat dari fermentasi kedelai bersama nasi multigrain untuk sarapan, menurut Michiko

5. Permen
Terlalu banyak memakan permen bisa berbahaya bagi organ jantung dan otak. Ini karena beberapa permen mengandung banyak gula. Kalau ingin konsumsi makanan manis, kamu dapat menggantinya dengan makan puding biji chia dengan madu, pisang beku, atau cokelat hitam tanpa pemanis.

6. Krim Keju
Susu bisa dibilang sebagai sumber kalsium dan protein yang baik. Namun, tidak semua produk olahan susu punya kandungan yang bagus untuk kesehatan. Contohnya saja, olahan susu seperti krim keju yang tinggi akan kolesterol.

Michiko memberikan alternatif kalau ingin memberikan olesan ke makanan, yakni dengan kinako yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan Pantangan Warga Jepang, Ini Rahasia Umur Panjang?"