Hagia Sophia

27 October 2023

Kesalahan yang Paling Umum Saat Minum Air Putih

Foto: Getty Images/andreswd

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk memaksimalkan kinerja organ tubuh.

Meski sangat menyehatkan, banyak orang yang tidak menyadari sejumlah kesalahan saat minum air putih. Berikut berbagai kesalahan paling umum yang seharusnya dihindari saat minum air.

1. Minum Air Sambil Berdiri

Seringkali orang tua mengingatkan anaknya untuk minum air dengan posisi duduk. Membenarkan hal tersebut, ternyata minum air sambil berdiri membuat saraf menjadi lebih tegang serta menyebabkan gangguan pencernaan.

Dikutip dari Entertainment Times, meminum air sambil berdiri membuatnya mengalir ke bagian bawah perut tanpa memberi nutrisi.

2. Menenggak Air Terlalu Cepat

Saat merasa terlalu haus, orang-orang menenggak air dengan cepat atau terburu-buru. Dikutip dari Entertainment Times, kebiasaan sederhana ini ternyata bisa menyebabkan kotoran di ginjal dan kandung kemih menumpuk di bagian bawah.

Disarankan untuk mulai minum air secara perlahan untuk membantu pencernaan tubuh.

3. Menambahkan Irisan Buah atau Sayur

Terasa lebih menyegarkan saat minum air dengan tambahan buah maupun sayuran di dalamnya. Namun jika tidak melakukannya dengan hati-hati, dapat menyertakan penyakit bawaan seperti salmonella dan E coli.

Dikutip dari WebMD, kondisi ini mungkin terjadi saat kulitnya tidak bersih sehingga memindahkan bakteri ke daging buah saat mengirisnya. Oleh karenanya pastikan untuk mencuci atau menggosok buat dan sayur dengan air mengalir.

4. Menambahkan Pemanis Buatan

Pemanis buatan bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Dikutip dari Entertainment Times, meski terasa menyegarkan menambahkannya dalam air putih membuat tubuh dehidrasi.

Mengkonsumsi air putih tanpa mencampurkannya dengan pemanis menjadi cara terbaik untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Minum Air Putih"