Hagia Sophia

17 October 2023

Pelatih Timnas Italia Minta Bersikap Tenang Saat Hadapi Inggris

Luciano Spalletti. Foto: REUTERS/ALESSANDRO GAROFALO

Italia akan kembali ke Wembley untuk menghadapi Inggris dalam Kualifikasi Piala Eropa 2024. Pelatih Luciano Spalletti meminta anak-anak asuhnya untuk bersikap tenang dalam menghadapi laga krusial itu.

"Ini adalah laga yang harus dijalani dengan senang hati demi mengatasi rintangan yang ada di depan. Di sinilah kami bisa melihat karakteristik sebuah tim," ujar Spalletti kepada Sky Sport Italia.

"Para pemain telah mengetahui banyak hal. Kami harus terus berkembang, memberi lebih banyak, dan menunjukkan sikap yang bisa membuat orang-orang senang dan menguatkan kami," jelas pelatih yang membawa Napoli meraih scudetto musim lalu itu.

Italia pernah menang di London atas Inggris dalam final Euro 2020. Namun kini situasinya berbeda. Sebagian besar pemain saat itu tak lagi menghuni tim saat ini, yang lebih banyak dihuni para pemain muda.

Sedangkan Inggris kian matang usai kalah dua tahun lalu dan kini semakin bersinar dengan sederet bintang yang bermain di klub-klub besar Eropa. Mereka juga mengalahkan Italia dalam pertemuan pertama di Naples pada Maret lalu.

The Three Lions akan dipastikan lolos ke Euro 2024 jika menang atas Gli Azzurri di Wembley. Sedangkan tim tamu wajib menang demi membuka lebar-lebar peluang lolos langsung ke Jerman sebagai juara grup.

Sebelum latihan terakhir jelang keberangkatan ke London, Kepala Delegasi Timnas Italia Gianluigi Buffon memberi motivasi kepada para juniornya. Berkumpul dalam satu lingkaran, mereka meneriakkan jargon demi membakar semangat nasionalisme.































Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Hadapi Inggris, Spalletti Minta Italia Enjoy Aja"