Hagia Sophia

17 October 2023

Tips untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Ilustrasi sakit pinggang kiri. Foto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory

Sakit pinggang sebelah kiri merupakan keluhan yang dirasakan oleh banyak orang. Sakit pinggang sering dijumpai dari berbagai kalangan pekerja dan jenis pekerjaan.

Sensasi yang biasa dirasakan adalah ngilu, nyeri, pegal yang terjadi pada pinggang bagian bawah. Umumnya, rasa sakit ini disebabkan oleh kekakuan otot, radang sendi, obesitas, trauma, dan sebagainya.

Yuk simak penjelasan lengkap tentang penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Berikut beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri:

1. Postur duduk yang tidak baik
Dikutip dari Digilib Esa Unggul, postur duduk yang tidak baik merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit pinggang bagian kiri. Postur ini meliputi tubuh yang membungkuk ke depan, tidak tegap, kepala menunduk dan dada kempis.

Pada postur ini, dinding perut menonjol dan cekung ke depan sehingga terjadi hiperlordotic dan tekanan pada kurvatura lumbal. Posisi-posisi tersebut dapat menyebabkan pusat gaya berat jatuh ke depan.

2. Kehamilan
Dikutip dari repository Al-Irsyad Cilacap, sakit pinggang dapat terjadi karena adanya perubahan postur dan hormon tubuh selama kehamilan. Faktor utama dari terjadinya sakit pinggang yaitu semakin membesarnya janin.

Kondisi ini biasanya terjadi sepanjang kehamilan. Rasa nyeri biasanya terasa di daerah pinggang bagian bawah, terkadang menyebar ke pantat dan paha, hingga turun ke kaki.

3. Trauma
Dikutip dari eprints Undip, jaringan otot dapat mengalami kerusakan karena robekan dan penggunaan aktivitas sehari-hari. Misal, gerakan pada bagian punggung yang salah dapat menyebabkan kekakuan dan spasme pada otot punggung.

Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya trauma punggung sehingga menimbulkan nyeri. Kekakuan otot dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Namun, pada kasus yang berat memerlukan pertolongan medis agar tidak semakin parah.

4. Skiatika
Menurut Healthline, skiatika adalah rasa sakit yang disebabkan oleh penekanan saraf dari pantat hingga bagian belakang kaki. Umumnya skiatika disebabkan taji tulang, diskus hernia, atau stenosis tulang belakang yang menekan bagian saraf skiatik.

Skiatika biasanya memengaruhi satu sisi tubuh Kondisi ini menyebabkan sakit pinggang seperti tersengat listrik atau terbakar yang menjalar ke kaki. Rasa sakitnya semakin parah ketika batuk, bersin, dan duduk dalam waktu lama.

5. Herniasi diskus
Herniasi diskus terjadi ketika satu atau lebih diskus di antara tulang belakang tertekan dan menonjol keluar ke dalam kanal tulang belakang.

Diskus yang menonjol sering menekan saraf sehingga menyebabkannya nyeri, mati rasa, dan kelemahan. Herniasi diskus dapat disebabkan oleh cedera. Umumnya, kondisi ini terjadi seiring bertambahnya usia dan diskus mengalami degenerasi.

6. Osteoartritis
Osteoartritis adalah kondisi ketika tulang rawan di antara ruas-ruas tulang belakang mulai mengalami kerusakan. Umumnya, osteoartritis terjadi pada punggung bagian bawah karena tekanan saat berjalan. Gejala umum dari osteoartritis adalah nyeri dan kekakuan. Kamu akan mengalami kesulitan untuk memutar dan menekuk punggung.

7. Disfungsi sendi sakroiliaka
Disfungsi sendi sakroiliaka disebut juga sebagai sakroilitis. Gejala umum dari sakroilitis adalah sakit punggung dan bokong. Kondisi ini terasa memburuk ketika berdiri, menaiki tangga, berlari, menaruh terlalu banyak beban pada kaki yang sakit, dan mengambil langkah yang besar.

8. Infeksi saluran kemih dan batu ginjal
Ginjal memiliki peran yang penting dalam pembuangan hasil metabolisme yang tidak diperlukan dari tubuh. Batu ginjal dapat terbentuk di dalam organ ini karena berbagai penyebab. Mulai dari penumpukan hasil metabolisme atau kekurangan cairan di dalam ginjal.

Batu ginjal yang kecil mungkin tidak menimbulkan gejala dan dapat keluar dengan sendirinya. Namun, batu ginjal yang berukuran besar mungkin memerlukan pengobatan.

Gejala-gejala dari batu ginjal adalah rasa nyeri saat buang air kecil, rasa sakit yang tajam di satu sisi punggung bawah, terdapat darah dalam air seni, muntah, mual, dan demam.

Infeksi ginjal biasanya dimulai sebagai infeksi saluran kemih. Infeksi ini menyebabkan sebagian besar gejala sama dengan batu ginjal. Jika tidak diobati maka akan merusak ginjal secara permanen.

9. Endometriosis
Endometriosis terjadi ketika sel-sel menyerupai lapisan rahim yang disebut sel endometrium dan tumbuh di luar rahim. Sel-sel ini dapat berdarah dan membengkak setiap bulan ketika menstruasi, yang dapat menyebabkan masalah lainnya.

Kondisi ini umumnya sering terjadi pada wanita berusia 30 hingga 40an. Gejala umum dari kondisi ini adalah nyeri, kram yang menyakitkan saat menstruasi, sakit punggung, nyeri saat berhubungan intim, dan sakit saat buang air besar ataupun buang air kecil.

10. Fibroid
Fibroid adalah tumor yang di dinding rahim. Tumor ini biasanya tergolong jinak.

Gejala dari fibroid adalah pendarahan hebat selama menstruasi, menstruasi yang menyakitkan, kembung di perut bagian bawah, sakit punggung, sering buang air kecil, dan sakit saat berhubungan intim.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Perawatan di Rumah
Berikut beberapa perawatan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit punggung bagian kiri:
  • Mengompres dengan es
  • Menggunakan hot pack
  • Krim pereda nyeri
  • Obat antiinflamasi nonsteroid
  • Istirahat
  • Membatasi aktivitas yang dapat memperburuk rasa sakit.

Perawatan Medis
Dokter mungkin akan menyarankan perawatan medis ini untuk mengatasi sakit punggung sebelah kiri:
  • Terapi fisik
  • Obat antikonvulsan untuk masalah saraf tertentu
  • Antibiotik untuk infeksi ginjal
  • Blok saraf
  • Suntikan steroid apabila terjadi peradangan
  • Mengeluarkan batu ginjal
  • Akupuntur
  • Pembedahan (jika benar-benar dibutuhkan).

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya"