Hagia Sophia

17 October 2023

Elon Musk Konsumsi Obat Diabetes untuk Diet, Ini Komentar Pakar

Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes/ File Photo Acquire Licensing Rights

Miliader Elon Musk sempat menyebut mengonsumsi obat diabetes untuk menurunkan berat badannya. Dua obat diabetes, Wegovy dan Ozempic, mendadak banyak dicari setelah diklaim mampu mengatasi obesitas dan bikin kurus.

Selama setahun terakhir, media sosial dipenuhi dengan berita utama, iklan, dan informasi lain tentang penggunaan obat-obatan seperti Ozempic dan Wegovy untuk menurunkan berat badan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan obat-obatan yang disebut agonis GLP-1 ini efektif dalam membantu orang menurunkan berat badan. Namun, sama seperti semua obat, agonis GLP-1 juga memiliki potensi efek samping, seperti mual, muntah, diare, dan sakit kepala.

Kini, penelitian baru dari University of British Columbia memberikan lebih banyak bukti yang menghubungkan penggunaan agonis GLP-1 dengan peningkatan risiko masalah pencernaan serius, termasuk kelumpuhan lambung, pankreatitis, dan obstruksi usus.

Dalam jurnal yang dipublikasikan di laman JAMA, peneliti menemukan efek GLP-1 pada sistem gastrointestinal setelah memperhatikan seseorang di ruang gawat darurat mengalami mual dan muntah signifikan yang tidak dapat dijelaskan.

"Sebagai catatan, dia baru-baru ini memulai Ozempic untuk menurunkan berat badan," jelas Mohit Sodhi, peneliti dan mahasiswa kedokteran tahun keempat di Universitas British Columbia dan penulis pertama studi baru ini kepada Medical News Today.

Para peneliti di Universitas British Columbia mengatakan kondisi dalam penelitian ini mencakup satu kelainan yang tidak disebutkan dalam label peringatan obat-obatan tersebut: kelumpuhan lambung, yang memperlambat atau menghentikan sama sekali pergerakan makanan dari lambung ke usus.

Penelitian mereka adalah penelitian besar pertama di tingkat populasi yang meneliti risiko kondisi perut serius pada pasien non-diabetes, khususnya yang menggunakan GLP-1 untuk menurunkan berat badan.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Elon Musk Pakai Obat Diabetes buat Diet, Ilmuwan Temukan Efek Samping Serius"