Hagia Sophia

17 October 2023

Konflik Hamas Vs Israel Bikin Stres? Ini Tips untuk Atasinya

Foto: REUTERS/STRINGER

Konflik di Israel dan Gaza mendominasi pemberitaan selama seminggu terakhir. Berbagai platform media sosial dan televisi memberitakan situasi yang dialami warga Gaza akibat konflik Hamas dan Israel.

Meskipun tetap terinformasi adalah hal yang penting, terus menerus terpapar gambar dan video yang terjadi di lokasi secara berlebihan bisa berdampak negatif ke kesehatan mental.

Bagi orang dewasa yang pernah mengalami trauma atau mengalami gangguan mood, terpapar informasi yang beredar bisa menjadi trigger.

"Orang-orang dengan tingkat kecemasan tertentu mungkin memiliki kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya karena situasinya sangat berubah-ubah dan tidak menentu," kata Iliyan Ivanov, seorang profesor psikiatri di Icahn School of Medicine di Mount Sinai kepada CNBC Make It dikutip Senin (16/10/2023).

"Selalu ada perasaan seperti: 'Apa lagi yang mungkin terjadi? Sesuatu yang buruk akan terjadi.'" sambungnya.

Namun, ada cara untuk mengonsumsi berita dan tetap menjaga kesehatan mental Anda.

1. Tetapkan batas waktu
Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan dan mencari informasi. Sisihkan waktu hanya 10-20 menit untuk membaca tentang apa yang terjadi.

"Ini bukan berarti mengurangi konsumsi berita. Ini tentang tidak mengonsumsi secara berlebihan," ujar Alison Holman, seorang profesor ilmu psikologi di University of California.

2. Usahakan tidak melihat potongan gambar atau video
Alison yang meneliti trauma dan paparan media menyarankan agar memilih membaca artikel dibandingkan menonton video yang menggambarkan situasi terkait pemberitaan terkini.

"Gambar grafis akan lebih memengaruhi kita [dibandingkan membaca artikel] karena 80 persen informasi yang diambil otak berasal dari isyarat visual," ucapnya.

3. Perhatikan tanda-tanda overwhelming
Kebutuhan dan kapasitas setiap orang berbeda-beda. Seringkali, tubuh akan memberi tahu kapan waktunya untuk berhenti dan melakukan hal lain.

"Perhatikan sinyal dari apa yang tubuh Anda katakan saat Anda mendengarkan berita. Anda dapat mengidentifikasi apa yang memicu Anda bereaksi keras," kata Alison.

4. Beri diri kesempatan untuk memulihkan diri
Pastikan mengisi sisa hari dengan aktivitas yang memberi kegembiraan atau relaksasi. Temukan hal lain yang bisa dilakukan di samping terus menerus membaca informasi yang membuat kesehatan mental terganggu.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terpapar Video Konflik Hamas Vs Israel Bisa Picu Stres, Begini Biar Tetap Waras"