Hagia Sophia

14 December 2023

COVID-19 di RI Kembali Meningkat, Kasus Aktif 6.223

Ilustrasi situasi COVID-19 (Foto: Rifkianto Nugroho)

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) melaporkan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan. Berdasarkan data Kemenkes di laman Infeksi Emerging, Indonesia mencatat sebanyak 296 kasus baru pada Selasa (12/12/2023). Sementara total kasus aktif secara kumulatif tercatat ada 6.223 kasus atau sekitar 0,1 persen.

Data tersebut juga menunjukkan sebanyak 6.647.428 pasien secara kumulatif telah dinyatakan sembuh, sedangkan kasus kematian dilaporkan mencapai 161.925 kasus atau sekitar 2,4 persen.

Meski begitu, angka kasus baru dan kasus aktif ini masih tergolong rendah jika dibandingkan pada saat era pandemi COVID-19 yang mencapai ribuan kasus baru per hari.

Kemenkes merekomendasikan masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi, baik dosis lengkap dan booster di tengah kasus COVID yang kembali melonjak.

Terlebih, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi. Pihak Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr Siti Nadia Tarmizi, M Epid mengatakan dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara.

Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan maupun saat kembali ke Tanah Air.

"Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan," ujar dr Nadia di Jakarta, Senin (11/12/2023).

dr Nadia mengingatkan perlu ada upaya agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19," ucapnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "COVID-19 RI Ngegas Lagi, Total Kasus Aktif Capai 6.223!"