Hagia Sophia

14 December 2023

Pemerintah Berencana Terapkan Vaksin COVID-19 Booster Ketiga

ilustrasi, istimewa

Pemerintah tengah membuka kemungkinan penerapan vaksinasi COVID-19 booster ketiga, menyusul tren kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia. Berdasarkan data Kemenkes di laman Infeksi Emerging, Indonesia mencatat sebanyak 296 kasus baru pada Selasa (12/12/2023). Sementara total kasus aktif secara akumulatif tercatat ada 6.223 kasus atau sekitar 0,1 persen.

Meskipun tren kenaikan kasus COVID-19 meningkat, keterisian bed occupancy rate (BOR) relatif rendah, tak seperti saat COVID-19 berstatus pandemi.

"Kita sudah bersiap membuka vaksinasi massal kepada masyarakat, lagi proses juga vaksinasi lagi, untuk booster ketiga," beber Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan RI Azhar Jaya saat ditemui detikcom di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023).

Dalam waktu dekat, survei antibodi juga bakal kembali dilakukan untuk melihat seberapa besar 'kekebalan' yang masih terbentuk di masyarakat terkait COVID-19. Lantas, siapa yang akan mendapat vaksin booster ketiga atau dosis kelima?

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, M Epid, menyebut pemberian vaksin booster ketiga atau dosis kelima masih dalam tahap pembahasan. Namun, yang pasti, vaksin ini nantinya akan diberikan terlebih dahulu bagi kelompok rentan, seperti lanjut usia, komorbid, dan anak-anak.

"Masih dibahas ini, tapi prioritas hanya untuk lansia dan kelompok rentan," imbuhnya saat dihubungi detikcom, Rabu (13/12).




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Siap-siap! Bakal Ada Vaksin COVID Booster Ketiga, Kelompok Ini Dapat Duluan"